Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali dalam amanat membaca sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dalam upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke - 76, Senin (03/01/2020). Foto : Cek Man


lamurionline.com – Aceh Besar : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh  Besar menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76, di lapangan Komplek Pesantren Modern Al-Manar, Lampermai, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Senin  (3/1/2022).

Bupati Aceh Besar yang menjadi Inpektur upacara, dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali mengatakan Kemenag terus berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran.

Disebutkan, Indeks Kerukunan Umat Beragama mengalami peningkatan, tahun 2020 sebanyak 67,46 persen menjadi 72,39 persen pada 2021. Sementara Indeks Kepuasan Pelayanan KUA meningkat dari 77,28 persen menjadi 78,90 persen.

Foto : Cek Man


Foto : Cek Man



Pada HAB ke-76, Kemenag RI atas nama Presiden Republik Indonesia memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya pada ASN kategori 30 tahun mengabdi sebanyak 509 orang, 20 tahun mengabdi sebanyak 2.802 orang, dan 10 tahun mengabdi sebanyak 5.999 orang. Khusus Kemenag Aceh Besar, yang mendapat penghargaan tersebut sebanyak 45 ASN, yang di serahkan langsung oleh Bupati Ir H Mawardi Ali.

Kepala Kementerian Agama Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH di dampingi Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana MSi, menjelaskan upacara HAB tahun ini di ikuti oleh ASN dari unsur pejabat kemenag, tenaga administrasi, guru, penyuluh agama, penghulu, pengawas madrasah dan ratusan siswa madrasah. Dalam kesempatan ini, juga di serahkan apresiasi dan penghargaan kepada siswa madrasah yang telah menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional, regional dan Provinsi Aceh.

Sebelumnya Kemenag Aceh Besar juga melaksanakan aksi bakti sosial di 3 Gampong terpencil kawasan pedalaman Lembah Seulawah yaitu Lamkubu, Panca dan Panca Kubu dan menggelar aneka lomba dan pertandingan olah raga.

Upacara HAB dihadiri Kepala Dinas Pendidikan  Aceh Besar DR Silahuddin MAg, Kadisparpora Ridwan Jamil SSos MSi, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Besar Tgk Bustami, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Besar Agusman A.Ptnh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Adi Dharma SPd MPd, serta Perwakilan Kajari, Polres, Kodim 0101/BS, Dinas Syariat Islam, Muspika Kecamatan Krueng Barona Jaya, mantan Kakankemenag Aceh Besar Drs Salahuddin MPd dan Drs Burhan Ali dan tokoh tokoh masyarakat, berlangsung dengan khidmat. (Cek Man)

 

SHARE :
 
Top