lamurionline.com -- Banda Aceh : Prodi Pendidikan Agama Islam menjadi fasilitator dalam kegitan Bimbingan Teknis Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Agama Islam bagi guru PAI di sekolah umum, pada Rabu (26/1). Yang dilaksanakan di Laboratorium Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh selama empat hari, dari tanggal 26-29 Januari 2022.

Kegiatan bimbingan teknis ini di inisiasi oleh Dr. Saifullah Maysa, S.Ag., MA selaku ketua LAB Prodi PAI sekaligus ketua panitia pelaksana. Dalam laporannya Saifullah menyampaikan jika kegiatan BIMTEK ini terlaksana atas Kerjasama antara prodi PAI dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI provinsi Aceh yang diketuai oleh Mustafa, S.Pd.I.

“Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama antara Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan KKG PAI Provinsi Aceh. Tahap I, kegiatan ini diikuti oleh 35 orang guru yang berasal dari 4 kabupaten/kota: diantaranya Sabang 22 Orang, Aceh Besar 7 Orang, Banda Aceh 3 orang, dan Pidie Jaya 3 orang”. Ungkap Saiful



“Para guru PAI (peserta) berasal dari berbagai satuan pendidikan yang terdiri dari: SD 14 orang, SMP 17 orang, SMA 2 orang dan SMK 2 orang. kami berharap para guru dapat mengikuti dengan baik agar memperoleh ilmu pengetahuan dari para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya terutama sekali dalam kegiatan praktikum yang sangat dibutuhkan oleh para guru PAI serta para siawa- siswi di tempat bertugas masing- masing”. Tambah Saifullah yang juga merupakan pemateri pertama dalam kegiatan tersebut.

Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam, Dr. Marzuki, S.Pd.I., M.Si memberikan apresiasi mendalam dan sangat mendukung atas ide cemerlang pelasanaan kegiatan Bimbingan Teknis tersebut.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, bukan hanya sains saja yang membutuhkan LAB namun PAI juga harus ada LAB. Untuk itu kami sangat mendukung dan jika bapak/ibu guru butuh bimbingan dan arahan di lapangan kami atas nama Prodi Pendidikan Agama Islam FTK-UIN Ar-Raniry siap mengirimkan dosen sebagai pelatihnya”.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. Muslim Razali, SH., M.Ag. dalam sambutannya sekaligus membuka acara BIMTEK secara resmi menyampaikan jika para guru harus siap dan mempersiapkan diri sebagai guru professional sehingga dapat melahirkan peserta didik yang mahir juga di bidangnya.

“Untuk para peseta BIMTEK agar terus dan serius mengasah kemampuan diri untuk menjadi guru Profesional, karena guru hari ini sudah Makmur dan sangat diperhatikan oleh pemerintah”.

acara dilanjutkan dengan penanda tanganan MOA (memorandum Of Activity) BIMTEK LAB PAI.  Antara ketua Prodi Pendidikan Agama Islam FTK-UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr. Marzuki, S.Pd.I., M.Si dengan ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Provinsi Aceh Mustafa, S.Pd.I. selanjutnya acara ditutup dengan doa oleh Dr. Muzakkir, M.Ag.

Dalam kegiatan tersebut turut berhadir, Dekan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Dr. Muslim Razali, SH., M.Ag,. Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. M. Chalis, M. Ag,. Ketua MGMP Aceh Besar Ibu Idi Irawati.S.Ag., ketua KKG Provinsi Aceh Mustafa, S.Pd.I., Sekretaris Prodi PAI Dr. Muzakkir, M.Ag., ketua LAB Prodi Pai Dr. Saifullah Maysa, S.Ag., MA,. Penguji baca Al-Quran Ust. Murtadha, MA, Mujiburrahman, MA dan para dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FTK-UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (Rizki)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top