LAMURIONLINE.COM I SUKAMAKMUR - Siswa SMA Negeri 1 Sukamakmur pamerkan lukisan dan Bazar Produk Prakarya Siswa. Puluhan lukisan dan bermacam produk baik makanan, sabun dan hiasan pernak pernik hasil kreatifitas siswa dipamerkan dalam ajang pekan kreatifitas siswa 2022, Sabtu (26/02). Dalam rilisnya Kepala SMAN 1 Sukamakmur  Hayaton,S.Pd.,M.Pd. melalui Humas SMAN 1 Sukamakmur menyampaikan bahwa pagelaran ini merupakan agenda tahunan yang diikuti  oleh seluruh siswa di SMA Negeri 1 Sukamakmur. Selain pagelaran pameran seni lukis pada kesempatan yang sama juga digelar bazar produk hasil kerajinan siswa, pertandingan volli antar SMP/MTs se Aceh Besar dan juga perkemahan sabtu minggu (Persami).

Hayaton menyampaikan bahwa even ini merupakan ruang yang diberikan bagi para siswa untuk menggelar hasil kreativitas. Hasil karya-karya mereka selama satu semester ini dapat dipertujukkan dalam agenda tahunan ini, selain itu even ini adalah sarana belajar dan praktik penjualan yang baik (marketing). Diharapkan kelak para siswa memiliki bekal berupa kemampuan dalam memamerkan dan mejual produk-produk hasil kreatifitas mereka sehingga dapat berguna untuk menopang perekonomian  masa dapan.

Hayaton menambahkan, kemampuan entrepreneurship selayaknya dimiliki oleh semua siswa-siswanya, hal ini didasari oleh kebutuhan bangsa ini terhadap lahirnya para pengusa-pengusahan muda yang akan menyokong perekonomian bangsa. Di SMAN 1 Sukamakmur tambahnya juga diadakan ekstra kurikuler menjahit, disampin ektrakurikuler volley, karete, paskibra, rohis dan pramuka, selain itu kurikulum mata pelajaran prakarya yang menurutnya sangat relevan dengan kondisi saat ini dimana bangsa Indonesia sedang membutuhkan banyak pemuda-pemuda kreatif, inovatif dan produktif.  Sebagaiman Hasil Survey Antar Penduduk (SUPAS) 2015 memperkirakan 2021 menjadi puncak bonus demografi di Indonesia, dimana 60 tenaga kerja produktif mendukung 100 penduduk, hal ini harus disikapi dengan ke siapan para genarasi Z ( 1997-2012) menjadi generasi enterprenur yang terampil.





Even pekan kreatifitas siswa SMAN 1 Sukamakmur tahu ini juga mengadakan turnamen volley antar club volli tingkat SMP/MTs yang ada di Aceh Besar. Kegiatan yang dibuka oleh Koordinator Kegiatan sekaligus Humas SMAN 1 Sukamakmur Khairul Zami,S.Pd.,M.Pd berlangsung sejak pagi hingga sabtu sore. 

Dalam pembukaanya Khairul berharap para peserta dapat menjunjung sportifitas dan menjadikan turnamen ini sebagai ajang persahabatan dan juga perkenalan. Ia juga menambahkan turnamen ini merupakan kesempatan bagi setiap club mengasah keterampilan yang telah lama di latih di sekolah masing-masing. Ia menambahkan nantinya para pemenang agar dapat terus mengasah keterapilanya hingga menyongsong juara di level-level pertandingan yang lebih tinggi. Selain itu pihaknya juga menyampaikan bagi para atlet yang ikut bertanding akan mendapat banyak kemudahan jikan nantinya memilih SMAN 1 Sukamakmur menjadi sekolah lanjutan setamat dari SMP/MTs. 

Turnamen SMANSA SUKMA CUP 2022 yang dipimpin oleh wasit Fahrurrazi, M.Pd mengantarkan MTsN 4 Aceh Besar memboyong tropi juara pertama melalui pertandinga yang sangat sengit di babak final, di ikuti oleh Besar SMPN  1 Simpang Tiga dan SMPN 1 Sukamakmur Aceh sebagai juara dua dan tiga tahun ini.

Serangkaian kegiata even pekan kreatifitas siswa SMAN 1 Sukamakmur ditutup dengan kegiatan Perjusami yang diikuti oleh para penegak gerakan pramuka gugus depan 23.030 SMAN 1 Sukamakmur yang mengambil tema “melalui Persami kita wujudkan keprian dan profil pelajar pancasila”. Kegiatan ini berakhir, Minggu (27/02).

Reportase: Khairul Zami

Editor: Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top