LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten, H. Abrar Zym S.Ag.,MH membuka secara resmi program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Qur’an Tahun 2022 bagi Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Quranic Character Ar-Rasyid (2 Hari Bersama Al-Quran), di Aula Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (YAKESMA) Gampong Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (1/3)

Kegiatan yang bertemakan “Mencetak Generasi Pecinta Al-Quran dan Memetik Mometum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw” tersebut dilaksanakan oleh Keluarga Besar MI Quranic Character Ar-Rasyid bersama Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (Yakesma) dengan  tetap  mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Ketua Pelaksana Harian Yayasan Kesejahteraan  Masyarakat Aceh (Yakesma), Sayuti M. Nur mewakili panitia pelaksana melaporkan bahwa program MABIT Qur’an yang digelar dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw tersebut akan berlangsung selama 2 hari dan diikuti oleh Lima Puluh lebih siswa/i MI, MTs, dan MA serta Santri Yakesma yang terdaftar sebagai peserta di malam bina Iman dan Takwa tersebut.

“Serangkaian Acara akan kita persembahkan kepada seluruh peserta didik, seperti pembiasaan tadarus Alquran, riyadhah, Almatsurah, tahsin Alquran, hafalan Alquran dan dikemas dengan berbagai game edukasi menarik lainnya seputar pemahaman tentang Alquran guna menumbuhkan sifat peserta didik sebagai Insan Mandiri, pembinaan karakter, meningkatkan kedisiplinan Ibadah, pendidikan tentang tanggungjawab dan kebersihan serta berbagai disiplin pendidikan berbasis karakter lainnya”  tambah Sayuti




Selain itu, Sayuti M. Nur dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan dalam bentuk apapun hingga suksesnya terlaksana program MABIT Quran 2022. Ia juga berharap bahwa semua program yang akan dilaksanakan oleh MI Quranic Character Ar-Rasyid yang berada di bawah Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (Yakesma) tersebut selalu mendapatkan perhatian dari semua pihak untuk keselamatan pendidikan dan pengembangan karakter generasi bangsa terbaik untuk masa depan.

“Kami juga sangat berterimakasih kepada Kakankemenag Aceh Besar, di mana atas perhatian dan bimbingannya, MI Quranic Character Ar-Rasyid secara pelan-pelan akan terus berbenah menjalankan pola pendidikan untuk  menjadi baik hingga melahirkan lulusan qurani yang berkarakter mulia, mandiri serta berprestasi. Kami juga sangat berharap dukungan lanjutan agar keberadaan MI  Quranic Character Ar-Rasyid menjawab keresahan dari yakesma dan masyarakat sekitar tentang pentingnya pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khsusus dan pengembangan diri peserta didik lainnya” tambah Sayuti M. Nur

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H. Abrar Zym, S.Ag MH dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan program MABIT Qur’an di MI Quranic Character Ar-Rasyid YAKESMA tersebut sangat mengapresiasi dan mendukung penuh atas berlangsungnya program mulia tersebut serta berharap agar program tersebut dapat berkelanjutan secara rutin dan terus-menerus dilaksanakan dari tahun ke tahun hingga dapat dikembangkan ke tingkat yang lebih meluas, serta dapat menjadi salah satu Ikon terbaik di lingkungan kementerian Agama nantinya.

“Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah), mabit berarti bermalam, mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah kepada Allah, biasanya mabit dijadikan akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa.” ucapnya.

Oleh karena itu, Pihaknya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan tersebut, sehingga nantinya Mis Qur'anic Character Ar-Rasyid Gampong Kajhu akan melahirkan anak-anak generasi-generasi yang beriman, taat dan taqwa, memiliki jiwa dan karakter yang baik serta mencintai Alquran. 

Acara ini berlangsung dengan penuh khidmat  yang ditutup dengan taushiah tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw oleh Dr. Husna Amin (Dosen UIN Ar-Raniry) yang disambut baik dan ceria oleh seluruh peserta didik yang berhadir.

Reportase: Akmal

Editor: Abrar

SHARE :
 
Top