* Kakemenang Beri Tausiah



lamurionline.com -- Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar buka puasa bersama dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH menyampaikan tausiah ramadhan, di kompleks Jantho Panorama Park, Kota Jantho, Senin (18/4/2022) sore.

Buka puasa bersama yang dihadiri Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, Ketua DPRK Aceh Besar Iskandar Ali MSi beserta sejumlah anggota DPRK, Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, Kepala OPD, Camat, pengurus TP-PKK, unsur Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat.
Hadir juga pada kegiatan tersebut sejumlah pimpinan Ormas, OKP, dan Ketua PWI Aceh Besar Jufrizal, didampingi Sekretaris Masrizal dan sejumlah wartawan.

Bupati Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali menyampaikan, buka puasa bersama ini merupakan ajang silaturahmi seluruh OPD dan Pegawai yang ada di lingkungan Kabupaten Aceh Besar, yang merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemkab Aceh Besar.

“Jika biasanya kegiatan berbuka puasa bersama kita laksanakan di Meuligoe Bupati Aceh Besar, namun pada tahun ini kita mencari suasana baru yang lebih menarik lagi yaitu di Jantho Panorama Park yang merupakan tempat wisata yang ada di kota Jantho,” kata Bupati.

Menunggu waktu berbuka puasa, hadirin mendengarkan Tausyiah oleh Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym yang menyampaikan tentang keutamaan sabar dan bersyukur serta bersedekah.

Selain itu, dalam tausyiah siangkat itu, Abrar mengatakan, Alquran yang diturunkan di bulan Ramadan merupakan petunjuk bagi umat manusia dan juga memberi penjelasan tentang petunjuk itu serta Alquran membedakan antara hak dan batin.
“Tidak ada kitab suci yang sempurna seperti Alquran. Memegang kita harus bersih dan bacanya pun diatur dimana harus berhenti. Selain itu, kata Rasulullah Muhammad SAW, satu huruf dibaca pada bulan Ramadan, ada 10 kemulian yang diberikan Allah,” katanya.

Peringatan Nuzulul Quran

Pada malam harinya, Pemkab Aceh Besar melanjutkan kegiatan dengan peringatan Nuzulul Quran tahun 1443 H di Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho.

Bupati Aceh Besar H. Mawardi Ali mengharapkan Nuzulul Quran tidak hanya sekedar diperingati saja, tetapi menjadi momentum dan sarana bagi umat Islam agar lebih mencintai Al-Qur’an.

Menurut Bupati, Al-Quran menjadi petunjuk bagi manusia, sebagai pembeda antara yang haq dan yang bathil. Al Quran juga mengisyaratkan untuk membaca dan mempelajarinya selama Ramadhan.

“Nuzulul Qur’an diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan umat agar lebih mencintai Al-qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Pada peringatan Nuzulul Quran tahun ini, Pemkab Aceh Besar juga melaksanakan Safari Tadarus yang diisi oleh sejumlah qari terbaik dari Kabupaten Aceh Besar.(Mursalin)


SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top