Relawan Rumah Aspirasi Gus Ir, Mujtabarudin S.Kom saat menyerahkan secara simbolis kepada Petani di Kutabaro Aceh Besar, Jumat (24/06/2022)

LAMURIONLINE.COM |BANDA ACEH - Yayasan Kebangkitan Rakyat Aceh (YKRA) dipercayai oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Asal Aceh H Irmawan S.Sos.MM Fraksi PKB untuk menyalurkan total 40 Ton Benih padi unggul kepada petani yang ada di Provinsi Aceh.

Yayasan Kebangkitan Rakyat Aceh selama ini bergerak di bidang Advokasi, Pendidikan, Petanian, Kelautan, Sosial dan Ekonomi yang di ketuai oleh Muhsin S.Si mantan anggota DPRK Aceh Besar.

Benih padi unggul yang di sebarkan ke beberapa kabupaten di Aceh ini adalah Varietas Ciheurang, Sulluthan 1, Inpari 32 dan Inpari 28

Kabupaten penerima benih tersebut ialah Pidie, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Aceh Tengah dan Gayo Lues.

Didepan petani, Ketua YKRA Muhsin mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah bentuk kepedulian kepada petani.

"Ini amanah, semoga hasil panen kedepan bertambah dengan adanya bibit baru ini dan bibit ini hanya 2 kali pakai " ujar Muhsin didampingi Tenaga Ahli   DPR RI F-PKB Munawar MSI mewakili H Irmawan.

Pengembangan benih unggul ini dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh.

Kepala BPTP Aceh Ir. M. Ferizal MSc mengatakan bahwa proses pengembangan diawasi oleh peneliti BPTP mulai dari bajak sawah, olah tanah, pemupukan, proses tanam hingga panen.

"Untuk kabupaten gayo lues karena kountur tanahnya beda dengan daerah lain maka benih yang cocok adalah varietas Inpari 28 dan kita sudah mencoba melakukan pengembangan di kecamatan Jeurango " ujar Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh Husaini MSI.

M Nasir salah satu petani penerima di Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar mengucapkan terimakasih atas kepedulian terhadap petani apalasi masa-masa sulit efek pandemi.

"Kami berharap semoga kedapan untuk kami petani juga diperhatikan terutama ketersediaan pupuk bersubsidi yang selama ini masing mahal dan jarang didapati di pasaran" ungkap M Nasir.

Kembangkan Benih Padi Untuk Dataran Tinggi

Irmawan juga mencoba mencarikan solusi bagi petanidaerah kountur tanah dataran tinggi dengan mengembangkan VUB Padi Khusus spesifik di Kecamatan Blang Jeurango, Gayo Lues. 

Varietas yang dikembangkan diantaranya Inpari 16, Inpari 28, Inpari Nutrizinc,  Gogo Luhur I dan Ciherang sebagai pembanding. Umur tanaman sudah memasuki 32 hari setelah tanam (hst).

Ketua Yayasan Kebangkitan Rakyat Aceh Muhsin yang juga mantan anggota DPRK Aceh Besar didampingi Munawar MSI Tenaga Ahli H Irmawan  S.Sos MM saat menyerahkan secara simbolis benih padi unggul bagi petani di Lamjampok Ingin Jaya Aceh Besar, Jum'at (24/06/2022)

Kegiatan dilaksanakan pada dua lokasi (Desa Penosan dan Desa Blang Jeurango, Kecamatan Blang Jeurango).

Sistem tanam yang digunakan adalah jajar legowo 2-1 dan 4-1.

Kegiatan pengembangan VUB ini tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan VUB dan meningkatkan produksi padi di kabupaten Gayo Lues. Karena selama ini varietas yang digunakan petani hanya Ciherang sehingga produksi hanya 3,5 ton/ha. Padahal secara deskripsi bisa mencapai 6-7 ton/ha. 

Rekomendasi akhir dari kegiatan adalah adanya varietas baru yang adaptif di agro ekosistem dataran tinggi dengan produksi tinggi.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top