LAMURIONLINE.COM | ACEH - Bertambah satu orang lagi santri Madrasah Aliyah (MA) Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) yang Lulus Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022.

Sebelumnya, Direktur  Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB), Kusnasi MA, menyampaikan 4 santri MA Dayah RIAB di terima di program Beasiswa Santri Berprestasi, Berdasarkan pengumuman dari Dirjen Pendidikan Islam tanggal 9 juni 2022 nomor B -798.1/DJ/1/ dt.IV/pp.05/06/2022.  

Maka berdasarkan SK Dirjen  nomor : B- 558.1/Dj.i/DT.I.V/PP.04/06/2022 tanggal 24 Juni 2022, satu orang lagi bertambah santri RIAB Lulus pada IPB Bogor Program study Agribisnis, yaitu, Muhammad Farhan Manurung.

Sementara empat santri lainnya yang telah duluan lulus, yaitu, Fachroel Fadillah lulus di  Institut Teknologi Surabaya jurusan  Teknik Sistem dan Industri, Ahmad Alrifai, Institut Teknologi Surabaya  program study Statistik, Alifa Phonna, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta program study  Ilmu Keperawatan dan M. Harits Abdul Madjid,  UIN Walisongo Semarang program study Ilmu Falak.

Kusnadi, Selasa (28/6) mengucapkan selamat dan sukses kepada santri yang lulus dan selamat juga kepada orang tua yang telah ikut serta memberikan motivasi dan doa sehingga berhasil

Keberhasilan Santri RIAB lulus terbanyak diprovinsi Aceh  tahun ini, sebut Kusnadi tidak terlepas dari penerapan konsep 5 K antara lain, Komunikasi, Koordinasi, Koloborasi, konsiliasi dan konsolidasi diantara semua pihak yang ada.

"Semoga konsep ini terus kita pertahankan demi RIAB lebih baik lagi di masa yang akan datang" ujarnya.

Sementara, DR. H. Iqbal, M.Ag selaku Kakanwil Kementerian Agama  Provinsi Aceh memberikan apresiasi atas prestasi yang dicapai siswa/santri madrasah di Aceh kususnya MA Dayah RIAB sehingga mampu meloloskan 5 santri dalam program Beasiswa Pondok Pesantren Kementerian Agama.

Prestasi yg dicapai MA Dayah RIAB ini, kata Iqbal merupakan prestasi yang mengembirakan sebab telah mampu memberikan warna prestasi terhadap pentas nasional.

"Semoga Madrasah lainnya dapat mencontohnya" ujar Iqbal

Mengutif info dan pesan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2022. Tahun ini ada 600 kuota PBSB. Kuota tersebut terdiri atas 80 pilihan program studi yang tersebar di 26 Perguruan Tinggi Mitra PBSB dalam negeri. Ada 13.011 santri yang mendaftar dari 1.730 pesantren. Namun, yang melengkapi data persyaratan pendaftaran berjumlah 6.391 santri. Dari jumlah itu, sebanyak 6.169 dinilai memenuhi syarat. Mereka lalu mengikuti tes CAT pada 24 – 28 Mei 2022. Hasilnya, ada 1.200 santri yang lolos ke tahap II untuk dipilih 600 peserta.

Sebagai mana kita ketahui PBSB dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa penuh bagi santri yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan tinggi. Jenis beasiswa yang diberikan yakni: Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan, maka setelah lulus santri berhak mendapatkan Biaya pendidikan, Biaya Tunjangan, dan biaya dukungan dalam program ini.

Reportase: M. Rizki
Editor: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top