LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Awali tahun pelajaran 2022/2023 MAN 4 Aceh Besar menggelar kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru yang berlangsung di Aula madrasah terpadu Tungkob Aceh Besar, Senin (18/7).

Kegiatan yang dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar itu diikuti 157 peserta didik baru. Pada kesempatan tersebut Kakankemenag Aceh Besar H. Salman, S.Pd, M.Ag menyampaikan materi tentang Moderasi Beragama. 

Salman mengatakan moderasi beragama bukan memoderasi ajaran agama, tetapi memoderasi pemahaman dan pengamalan umat beragama dari sikap ekstrem. Moderasi Beragama sebagai sikap dalam beragama. 

"Dalam konteks negara Indonesia yang majemuk sangat diperlukan sikap moderat, sikap harmoni dalam bernegara dan beragama. Moderat yaitu tidak terlalu ke kanan dan tidak terlalu ke kiri tapi lurus, maka dalam kehidupan mesti kita luruskan pemahaman tentang agama dan juga tidak terlalu ekstrem" kata Salman.

"Toleransi itu telah ada dari awal terbentuknya Bhineka Tunggal Ika yaitu tidak berdasarkan satu agama saja, semua agama sama atau setara di depan Bhinneka Tunggal Ika" jelasnya. 







Lanjut Salman, Islam tidak bisa diganggu dari luar, Islam bisa diganggu dari dalam yaitu dengan orang-orang pengkhianat yang mengadu domba. Maka dengan itu kita harus bijak dan berkarakter moderat, tutur Salman menutup materi dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka bersama siswa. 

Kepala MAN 4 Aceh Besar Hj Nuranifah, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat datang peserta didik baru di MAN 4 Aceh Besar, kami berharap semua dapat memajukan Madrasah dengan ikut aktif dalam setiap kegiatan atau even yang dapat mengharumkan nama baik madrasah.

Pada siswa baru tersebut Nuranifah juga berharap dapat menoreh kembali keberhasilan terutama dalam kegiatan Myres, kedepan lebih banyak lagi proposal penelitian yang lolos, menjadi juara KSM, OSN, dan Duta Moderasi Beragama di tingkat nasional. 

"Hari ini kakak kalian telah membuktikan di bidang Myres, Olahraga, KSM, OSN, Duta Moderasi Beragama, dan Juara MTQ. Dimasa kalian dapat lebih banyak lagi prestasi yang diperoleh" ucap Nuranifah pada peserta didik baru. (rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top