lamurionline.com -- Setelah kemarin Minggu 24 Juli 2022 di lakukan penimbangan koper jama'ah haji yang di pimpin langsung ketua kloter Haji Susah di lobby hotel. Hari ini senin 25 Juli seluruh jama'ah melakukan tawaf wada'(tawaf perpisahan dengan Baitullah) atau sebagian ulama ada yang mengatakan tawaf wada' adalah penghormatan kepada Baitullah karena akan meninggalkan kota Makkah. 

Pelaksanaan Wada' di bagi dua tahapan pagi dan siang, pagi di peruntukan bagi jama'ah yang kurang sehat, memakai kursi roda dan sebagainya, sedangkan siang hari bagi jama'ah yang normal tanpa bantuan dan dapat melakukan secara mandiri. 

Sore hari dapat di pastikan melalui ketua rombongan masing-masing seluruh jama'ah telah melakukan tawaf Wada', demikian ungkapan pembimbing ibadah kloter satu BTJ (TPIHI) Tgk Haji Abuya Saiful Bahri. Pengamatan kami di lokasi tawaf yaitu lantai dasar yang kebetulan di pagi hari kondisi sedikit sepi kelihatan banyak jama'ah yang meneteskan air mata dan sepertinya tidak mau beranjak dari pelantaran tawaf namun askar (polisi) sudah menyuruh untuk meninggalkan tempat tersebut.

Sangat beralasan memang Ka'bah punya daya tarik yang luar biasa bagi seluruh manusia semangkin kita tatap semakin berat rasanya untuk kita tinggalkan apalagi harus berpisah, namun seluruh jama'ah di batasi oleh waktu dan kloter 01 BTJ akan check out hotel nanti malam pukul 23.00 WAS menuju Jeddah. 

Insya Allah take-off pada tanggal 26 Juli pukul 7.15 WAS dan di perkirakan tiba di bandara SIM pukul 19.30 WIB. Nanti malam sesuai dengan instruksi ketua kloter bahwa di adakan doa bersama menjelang keberangkatan ke tanah air serta doa dan Samadiah terhadap almarhumah Intan Sani bin Abdullah asal Abdya yang meninggal beberapa hari yang lalu di KKHI Makkah, ibu Intan adalah jama'ah kloter 05 BTJ yang di Tanajul (dipercepat kepulangan) karena sakit namun beliau duluan di panggil oleh Allah SWT. 

Seluruh jama'ah mengharap doa seluruh rakyat agar seluruh jama'ah selamat tiba di Nanggroe Aceh dan membawa oleh-oleh haji yang mabrur dan mabrur ah. 

Laporan Langsung : Akhyar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top