*Dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Gantikan Aminullah Usman




lamurionline.com -- Banda Aceh : H Bakri Siddiq SE MSi secara resmi mengemban amanah sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh. Ia menggantikan H Aminullah Usman SEAk MM yang telah memasuki masa purna bakti bersama wakilnya H Drs Zainal Arifin.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki atas nama Presiden Republik Indonesia, di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (7/7/2022).

Pria kelahiran Aceh Selatan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) itu, dilantik sebagai orang nomor satu Banda Aceh berdasarkan Surat Keputusan Mendagri nomor 131.11- 1418 tahun 2022.


Surat tersebut juga mengatur tentang masa jabatan Pj Wali Kota Banda Aceh paling lama satu tahun sejak diterbitkan. “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Wali Kota Banda Aceh dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucap Bakri mengikuti ucapan Pj Gubernur Aceh.

Usai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, ia kemudian meneken berita acara pelantikan dan fakta integritas. Selanjutnya dilakukan pemasangan tanda pangkat, tanda jabatan, dan penyerahan SK Mendagri oleh pj gubernur.

Kemudian ada prosesi penekenan berita acara serah terima jabatan wali kota dari Aminulllah Usman kepada Bakri Siddiq. Acara diakhiri dengan penyerahan buku memori jabatan, ucapan selamat dari para tamu undangan, dan sesi foto bersama.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan pelantikan Bakri Siddiq untuk melanjutkan kepimimpinan Amin-Zainal. “Mulai hari ini saudara resmi menjabat sebagai Pj Wali Kota Banda Aceh paling lama satu tahun ke depan. Selamat dan semoga siap menjalankan amanah.”

Pj Gubernur berharap, Bakri Siddiq bisa membangun komunikasi yang intensif dengan Pemerintah Aceh agar semua pembangunan tersinergi dengan baik. Achmad juga berpesan agar Bakri Siddiq berkoordinasi demi pembangunan daerah dengan semua pemangku kepentingan di Banda Aceh, seperti pimpinan dan anggota anggota DPRK, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh ulama “Perkuat juga sumber daya manusia di Banda Aceh agar semakin unggul dan inovatif,” pesan Achmad Marzuki.

“Prioritaskan pula program-program penanganan Covid-19, termasuk terkait pemulihan ekonomi pasca pandemi agar dapat dipacu,” ujar mantan Panglima Kodam Iskandar Muda tersebut seraya berpesan agar pj wali kota memfasilitasi persiapan pemilu serentak pada 2024 mendatang sembari menjaga netralitas aparatur sipil negara.

Pj Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada Aminullah Usman dan Zainal Arifin, telah mengabdikan diri selama lima tahun memimpin Banda Aceh. Mereka diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi Pembangunan Kota Banda Aceh di masa yang akan datang.

“Untuk itu, saya mengajak semua pihak mendukung pj wali kota sehingga mampu berkontribusi membangun Banda Aceh -kota islami dan rujukan pelayanan publik di Indonesia,” demikian Achmad Marzuki.(Cek Man/Mar/Rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top