lamurionline.com -- Kota Jantho –
 
Penjabat (Pj) Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh Besar Cut Rezky Handayani S.IP, MM melakukan sosialisasi penguatan kapasitas Bunda PAUD tingkat gampong di Kecamatan Ingin Jaya, di Aula Kantor Kecamatan Ingin Jaya, Rabu (5/10/2022).

Bunda PAUD Aceh Besar Cut Rezky Handayani S.IP. MM, dalam kesempatan tersebut menyampaikan hal utama yang harus dilakukan Bunda PAUD kecamatan adalah mengukuhkan Bunda PAUD gampong, dan setelah dikukuhkan tentunya bunda paud gampong harus membentuk Pokja Bunda PAUD gampong.

“Bunda PAUD gampong merupakan pembina paud yang ada di gampong nya,” ujarnya.

Cut Rezky menjelaskan untuk rencana kerjanya merujuk kepada Bunda PAUD kecamatan, karena setiap kegiatan yang dilaksanakan Bunda PAUD kecamatan, tentunya akan melibatkan Bunda PAUD gampong, agar bisa selalu besinergi dalam setiap kegiatannya.

Dari 50 gampong di Kecamatan Ingin Jaya, baru 39 gampong yang sudah berdiri, dan dari 39 gampong yang sudah berdiri, hanya 14 gampong yang memiliki izin operasional.

“Kepada Bunda PAUD kecamatan agar mengeluarkan izin operasionalnya juga untuk sisa dari 14 kecamatan yang sudah memiliki izin operasional sebelumnya dan juga dibantu oleh bapak Camat,” ucapnya.

Cut Rezky juga mengatakan kemarin Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar pernah menyinggung mengenai imunisasi, jadi kami berharap Bunda PAUD kecamatan bisa bekerjasama dengan Kepala Puskesmas (Kapus) dengan melibatkan bunda paud gampong bagaimana kita bisa mensosialisasikan agar anak-anak di kecamatan Ingin Jaya ini terealisasi imunisasinya.

“Karena Imunisasi itu sangat bermanfaat bagi anak, terutama anak usia dini,” tuturnya.

Cut Rezky berharap agar bunda-bunda paud gampong ini bisa menjadi contoh untuk bunda-bunda PAUD guru di gampong nya, dan juga berharap pada bapak camat dan bapak keuchik selaku pembina bunda paud gampong untuk bisa membantu bunda paud guru yang ada di gampongnya, karena sesuai Perbup prioritas Aceh Besar, gaji guru PAUD bisa dibayarkan dengan dana desa.

Cut Rezki menambahkan kepada bapak camat dan bunda-bunda PAUD gampong kembali mengingatkan bapak keuchiknya agar membantu guru-guru PAUD gampong , karena yang di didik oleh guru PAUD gampong adalah anak kita juga.

Anak-anak PAUD yang ada di kecamatan Ingin Jaya ini bukan hanya tanggung jawab pak camat dan juga bukan tanggung jawab kami, tapi ini menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Bunda PAUD gampong agar selalu memberikan edukasi kepada paud-paud yang ada di gampongnya untuk terus bersinergi, karena kita ingin anak-anak kita ini mendapatkan hak-hak mereka dari usia dini,” terangnya.

Camat Ingin Jaya Al Mubarak Akbar, S.STP, MM menyampaikan bahwa Kecamatan Ingin Jaya berada di jadwal yang ke 22 Kunjungan Ketua Bunda PAUD Aceh Besar dari 23 Kabupaten di Aceh Besar dan yang terakhir adalah Kecamatan Lhoong.

Namun Alhamdulillah Ibu Bunda PAUD Kabupaten dengan semangat yang luar biasa bersama dengan tim, Insya Allah hadir di semua Kecamatan untuk memberikan semangat kepada ibu-ibu bunda PAUD yang ada di 604 Gampong dalam Kabupaten Aceh Besar.

Akbar mengatakan Mudah-mudahan ibu bunda PAUD kabupaten bersama dengan tim, diberi sehat selalu oleh Allah SWT, sehingga nantinya niat dan cita-cita kita untuk meningkatkan kualitas PAUD di Kabupaten Aceh Besar yang kita cintai ini, mudah-mudahan dapat terlaksanakan sebagaimana mestinya.

Kemudian Akbar menjelaskan bahwa khusus dibawah pemerintah kecamatan bersama muspika, pada intinya atau prinsipnya kami memberi dukungan penuh terhadap PAUD tersebut dan juga sebagai kewenangan kami di pemerintah Kecamatan yang juga telah membawahi bapak Kheucik yang nantinya, karena ini juga sudah masuk bulan Oktober tidak lama lagi juga akan memasuki tahapan penyusunan APBG untuk tahun 2023 dan Insya Allah kami dari Kecamatan yang nantinya akan membantu sehingga yang paud yang ada di gampong didalam Kecamatan ingin jaya nanti akan kita bantu dengan dana desa.

Akbar menambahkan pada prinsipnya juga yang bahwa terkait dengan paud, ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita juga sebagai pemerintah dan Bunda PAUD kecamatan, kemudian pada hari ini ibu-ibu hadir kesini juga sebagai bunda paud gampong dan ini merupakan tugas kita bersama.

“Karena tujuan ataupun program dari pemerintah pusat adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas dan dimulai dari anak usia dini,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar Agus Jumaidi S.Pd, M.PD mengatakan sosialisasi penguatan kapasitas Bunda PAUD Kecamatan di 23 Kecamatan sudah dilaksanakan di 12 titik, dan besok dititik terakhir yaitu titik ke 13 di Kecamatan Lhoong, dan ini merupakan inisiasi dari Kabupaten Aceh Besar bagaimana menguatkan program dan kunci dari pada Bunda PAUD gampong Se Aceh Besar.

Agus mengatakan Bahwa memang harus kita akui acara-acara ini dilaksanakan secara marathon, akan tetapi kegiatan yang kita laksanakan tersebut sebenarnya kecil, tetapi efeknya besar, dan bisa menjangkau semua kecamatan-kecamatan di Aceh Besar ini, salah satunya mungkin di Pulo Aceh dan ada beberapa kegiatan Bunda PAUD dilaksanakan di Pulo Aceh.

Agus menambahkan Kecamatan Ingin Jaya ini adalah sebuah kecamatan yang berkembang, dan merupakan sentral dari pada Kecamatan lain, karena Kecamatan Ingin Jaya berada di tengah-tengah Kabupaten Aceh Besar dan menjadi salah satu Kecamatan penyangga Provinsi.

“Kami berpikir kecamatan Ingin Jaya ini harus bisa menjadi tolak ukur bagi keberhasilan dari pada bunda PAUD gampong nantinya. Semoga Bunda PAUD gampong menjadi pelopor dan garda terdepan dalam hal menyukseskan program PAUD,” pungkasnya. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top