lamurionline.com -- Banda Aceh : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan kegiatan Stadium General Tentang; “Pengelolaan Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik” pada Selasa, 18/10/22.

Kegiatan yang di buka langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag., menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan Stadium General tentang kearsipan dianggap penting dalam dunia pemerintahan yang berperan sebagai sumber informasi, data dan menjadi alat pengawasan sebagai bukti transparansi kinerja birokrasi. Peran kearsipan pada perguruan tinggi juga sangat penting, yaitu sebagai sumber informasi, data, dan menjadi alat pengawasan sebagai bukti transparansi kinerja perguruan tinggi.

“Pengelolaan arsip di perguruan tinggi sangat penting karena arsip yang tercipta menggambarkan aktivitas yang terjadi di sebuah perguruan tinggi, baik sebagai lembaga pendidikan, lembaga riset, dan lembaga layanan publik kepada dosen, mahasiswa serta masyarakat secara umum. Pengeloaan arsip secara baik sebagai indikator keberhasilan reformasi birokrasi di perguruan tinggi.” jelas rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag.


Dalam stadium general yang diselenggarakan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry bertajuk “Pengelolaan Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik” menghadirkan pemeteri dari Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST). Dalam isi materi tersebut Muhamad Ihwan, S.Sos., M.Si yang merupakan Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), menekankan bahwa pengelolaan arsip menjadi kegiatan krusial dalam berjalannya suatu organisasi dan pemerintahan, termasuk di perguruan tinggi.

“Dikatakan krusial sebab pengelolaan arsip adalah pekerjaan mengelola informasi. Karena krusialnya pengelolaan arsip, maka tidak bisa sembarang orang dapat melakukan pekerjaan tersebut. Dibutuhkan suatu kompetensi tertentu dan keahlian yang spesifik agar pengelolaan kearsipan dapat dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh.” kata Ikhwan


Ketua Prodi MPI Dr. Safriadi, M.Pd menjelaskan betapa pentingnya kegiatan tersebut yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada dosen, tenaga administrasi dan mahasiswa tentang pengelolaan arsip di lingkungan perguruan tinggi, fakultas dan prodi agar dapat dilaksanakan secara komprehensif, optimal, dan profesional, serta seluruh kearsipannya dapat terekam secara utuh, baik secara manual maupun digital.

“Pengelolaan arsip yang dilakukan secara efektif dan efisien akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada dosen dan mahasiswa. Melalui kesepakatan antara Prodi MPI dengan BAST ANRI maka kedepan mahasiswa MPI dapat melakukan praktikum kuliah manajemen kearsipan, magang I dan magang II di BAST ANRI Provinsi Aceh.” jelas Safriadi

Turut hadir dalam kegiatan Stadium General tersebut, rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Safrul Muluk, MA., M.Ed., P.hD., Wakil Dekan II Samsul Kamal, M.Pd, Wakil Dekan III Dr. Mumtazul Fikri, MA, dosen di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry dan mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam. (MRA)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top