lamurionline.com -- Banda Aceh --  Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh H Abrar Zym SAg MH bersama Kasubbag TU Dr Aida Rina Elisiva B.Acc MM, Plt Kasi Pendidikan Madrasah Syarifah Zaitun Sari, S.Pd.I, M.Ed dan Koordinator Pengawas Madrasah Dra. Nurlaila sedang memberi arahan dan bimbingan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sinergitas Pendampingan Administrasi  (SAPA) Madrasah tahun 2022, Rabu (19/10/2022) di Aula MIN 2 Banda Aceh yang beralamat di Jl. T.Hasyim Banta Muda No. 19 Gampong Mulya Kuta Alam Banda Aceh. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh menyampaikan, orang yang paling hebat itu orang yang paling bagus akhlaknya, seperti Nabi Muhammad SAW yang paling bagus akhlaknya sehingga beliau harum namanya di seluruh dunia. 

“Orang yang paling hebat itu orang yang paling bagus akhlaknya, bukan paling tinggi jabatannya, bukan paling tinggi pangkatnya, bukan paling kaya hartanya, tapi paling bagus akhlaknya. Seekor gajah itu mahal karena ada gadingnya, seekor harimau itu ditakuti karena ada belangnya, seekor rusa menjadi indah karena ada tanduknya, seekor burung menjadi mahal karena kicauannya” Ujar H Abrar yang mengatakan ada burung harganya 1 Milyar , ikut kontes hadiahnya 1 Milyar. 

Sementara manusia dia menjadi hebat bukan karena bajunya, bukan karena pangkatnya, bukan karena kicauannya, apalagi kicauan itu hoaks, tapi manusia hebat itu karena akhlaknya. 

Maka kalau tidak berakhlak baik itu ‘paleh’ namanya bahasa Aceh, ya Paleh …

“Paleh Gajah patah gadeng, Paleh Rimueng gadoh kureng, Paleh Umong dipok Ateung, Paleh ureung hana etika, Paleh Raja geudengo haba bak ranggasoe, paleh rakyat geu meu upat jeut-jeut sago, paleh jurong i meu leuhop rata sago, paleh inong iteumanyong watee woe lako, paleh agam sipat kuah bileung asoe, paleh yahwa ditampa nyakwa di cot uroe” Tutup H Abrar  dengan berpantun Bahasa Aceh. 


Sementara Kepala MIN 2 Banda Aceh Nurasiah, S.Ag memaparkan latar berdirinya MIN 2 Banda Aceh yang dulu MIN ini bernama MIN Merduati, karena ketika didirikan pada tahun 1951 MIN ini berlokasi di Gampong Merduati, MIN ini berdiri di lokasi saat ini saat MIN ini dinegerikan pada tahun 1959. 

Nurasiah menambahkan MIN 2 Banda Aceh mempunyai vis berprestasi di segala bidang yang dilandasi Iman dan Taqwa, didasari Ilmu Pengetahuan dan teknologi demokratis dalam pemecahan masalah yang dijiwai nilai-nilai berkarakter Islami, demikian NuIlmu Pengetahuan dan teknologi demokratis dalam pemecahan masalah yang dijiwai nilai-nilai berkarakter Islami, demikian Nurasiah yang sudah memimpin MIN 2 Banda Aceh sejak tahun 2018. (Heri) 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top