-Secara Khusus Disampaikan Kepada Abu Tu Min


lamurionline.com -- KOTA JANTHO - Ribuan ASN Pemkab Aceh Besar, mulai dari tenaga kontrak hingga PNS,  larut dalam zikir dan doa di Masjid Agung al-Munawarah Kota Jantho, Jumat (07/10/2022) pagi. "Alhamdulillah dengan keridhaan hati semua, hari ini seluruh pegawai di Jantho melantunkan tahlilan bersama. Tahlilan secara khusus kita sampaikan untuk almarhum Abu Tu Min Blang Bladeh," kata Muhammad Iswanto, Penjabat Bupati Aceh Besar yang menghadiri langsung acara tersebut. 

Iswanto mengatakan, doa dan zikir merupakan aktifitas rutin yang dilakukan pegawai Aceh Besar pada setiap hari Jumat. Namun pada Jumat (7/10) hari ini, doa secara khusus disampaikan kepada almarhum Abu Tumin, ulama Aceh yang meninggal di Kabupaten Bireuen, dua pekan lalu. 

Muhammad Amin atau Abu Tumin meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Fauziah, Bireuen, Selasa 27/9/2022, dalam usia 90 tahun. Berpulangnya ke pangkuan Allah sosok ulama kharismatik itu menyisakan duka mendalam  bagi seluruh masyarakat Aceh utamanya masyarakat Aceh Besar. 



"Tentu doa ini selain kepada beliau, juga untuk teungku-teungku pencerah ummat lainnya yang telah mendahului kita semua, yang kita panjatkan doa dalam setiap waktu. Namun pada hari ini secara khusus secara bersama-sama kita menyampaikan doa kepada Abu Tumin. Insya Allah Abu sebagai seorang ulama, mendapatkan tempat yang paling mulia di sisi Allah," kata Iswanto.

Iswanto menyebutkan Abu Tumin adalah salah satu ulama yang selama ini selalu memberikan petunjuk kepada para umara di Aceh. Kehadiran beliau di tengah-tengah masyarakat menjadi penyejuk, di mana banyak persoalan umat yang berhasil diselesaikan dengan kehadiran para ulama, utamanya Abu Tumin. Karena itu, meninggalnya Abu Tumin menjadi kabar duka bagi semua. "Insya Allah beliau husnul khatimah," kata Iswanto. (Smh)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top