LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh menerima kunjungan rombongan mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Universiti Islam Selangor (UIS) Malaysia. Kegiatan ini dilakukan di Kampus FTK UIN Ar-Raniry di Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Senin (14/11).

Prosesi penyambutan ini dihadiri langsung oleh Wakil Dekan I FTK UIN Ar-Raniry, Habiburrahim, S.Ag., M.Com., Ph.D dan Wakil Dekan III,  Dr. Mumtazul Fikri, S.Pd.I., MA. Turut serta pula sejumlah Ketua dan Sekretaris Program Studi, Sekretaris SEMA UIN Ar-Raniry, Ketua SEMA, Ketua DEMA, Ketua HMP dan Pengurus Ormawa di lingkungan FTK UINAR. Rombongan mahasiswa UIS Selangor sejumlah 23 orang yang terdiri dari 11 mahasiswa, 11 orang mahasiswi dan 1 orang pensyarah (dosen). Kehadiran rombongan UIS Malaysia dalam rangka melakukan Student Mobility di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FTK UINAR menyampaikan ucapan selamat datang di kampus hijau FTK UINAR. Pimpinan FTK menyambut dengan senang hati atas kehadiran tetamu dari negeri jiran ini. 

“Semoga kunjungan ini tidak menjadi yang pertama dan mudah-mudahan menjadi permulaan yang baik untuk kerjasama dan kemitraan di masa mendatang”, pungkas Habiburrahim.

Dr. Mumtazul Fikri menyampaikan, Aceh dan Malaysia ibarat saudara jauh yang sangat dekat di hati. Sejarah telah mencatat hubungan Aceh dan Malaysia tidak terpisahkan dan terus terjalin hingga sekarang. 

"Maka jangan menganggap tanah ini asing, anggaplah seperti pulang ke kampung sendiri. Mari kita perkuat persaudaraan ini lebih jauh ke ranah akademis. Persaudaraan akademik dalam ruang lingkup penguatan tridharma perguruan tinggi”, jelas Mumtaz.

Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Safrul Muluk, S.Ag., M.A., M.Ed., Ph.D mengapresiasi kegiatan ini. FTK UINAR telah merancang sejumlah program kegiatan kolaborasi bersama antar dua lembaga ini. Diantara kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Tahsin Al-Qur’an Bersama, Visiting Library, Kuliah Tamu, Pembelajaran Kitab Arab Melayu, Workshop Research Methods, Field Trip, Studium General dan Bakti Sosial. 

"Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi FTK UINAR untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi di tingkat internasional, UIS Selangor Malaysia salah satunya”, pungkas Safrul Muluk.

Kegiatan ini turut didukung oleh Prodi Pendidikan Agama Islam FTK UINAR, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Prodi PAI dan sejumlah Prodi di lingkungan FTK UINAR. (farial/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top