- Diwarnai Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

 


lamurionline.com -- KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak sebagai Pembina Apel Gabungan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) e-58 tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (14/11/2022). 

Hadir dalam kesempatan itu, para Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, Kepala OPD, jajaran Puskesmas, ASN, dan tenaga kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar. 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengungkapkan, tema HKN ke-58 itu adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. 

Tema ini menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakar Indonesia yang secara bahu-membahu, secara bersama-sama, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Menurutnya, semua negara di dunia sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, karena Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan dan menghadapi berat ini. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Kesehatan yang sudah bekerja keras dalam tiga  tahun terakhir untuk memastikan bahwa pandemi Covid-19 bisa kita atasi bersama sehingga kehidupan bisa kembali normal,” katanya.

Indonesia, paparnya, termasuk negara yang berhasil mengendalikan covid-19, yaitu termasuk lima besar negara yang berhasil mengendalikan Covid-19. Indonesia termasuk lima besar dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan total 442 juta dosis vaksin yang telah  disuntik sampai dengan bulan Oktober 2022. “Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. 

Sejak Oktober 2022, kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster,” ujarnya. 

Oleh karena itu, perlu terus diingatkan masyarakat agar melengkapi vaksinasi Covid-19. Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar Neli Ulfiati SKM MPH menambahkan, dalam rangka HKN ke-58 tersebut pihaknya telah menggelar sejumlah kegiatan dan puncak HKN tersebut dilaksanakan Apel Gabungan OPD dengan bertindak selaku Pembina Apel Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM. 

Seusai apel, juga dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan dan donor darah di kompleks Kantor Bupati Aceh Besar yang diikuti pejabat Pemkab Aceh Besar, ASN, dan tenaga kontrak. Dalam kegiatan itu, Pj Bupati Muhammad Iswanto didampingi pejabat terkait lainnya juga ikut mendonorkan darah dan mengikuti tes kesehatan.


SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top