LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Pelaksanaan Yudisium Sarjana Strata Satu (S1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 dilaksanakan, Kamis (5/1), di Aula Utama Auditorium Prof. Ali Hasjmy Kompleks Kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd tersebut dihadiri oleh para Wakil Dekan I, II dan III, Dr. Mahmuddin, M.Si., Dr. Fairus, M.Ag dan Dr. Sabirin, M.Si. Turut hadir Ketua dan Sekretaris Program Studi (Prodi) di lingkungan FDK UIN Ar-Raniry, Ketua Laboratorium  Fakultas, Kabag Tata Usaha Fakultas, Subkoordinator Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni,  Subkoordinator Bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian dan Subkoordinator Bidang  Perencanaan, Akutansi dan Keuangan Fakultas. Selain itu, hadir anggota Senat UIN Ar-Raniry wakil Fakultas, Dosen dan Karyawan, dan Dosen, Darma Wanita (DW) FDK, Karyawan purna bakti FDK. Selain Mahasiswa yang diyudisium juga turut hadir perwakilan Senat Mahasiswa dan Dewan Mahasiswa Fakultas serta pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi di lingkungan FDK.

Dr. Mahmuddin sebagai Ketua Panitia Yudisium menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan Yudisium Sarjana Strata Satu (S1) semester Ganjil  tahun 2022/2023 dilakukan secara offline, namun juga ikut disiarkan secara live melalui Ar-Raniry TV Streaming dan Radio Assalam. 

Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. Zalikha, S.Ag, M. Ag terkait dengan keterlibatan perempuan dalam ranah publik. Dalam orasinya, Dr. Zalikha menyampaikan bahwa perempuan harus dapat mengambil dan memainkan peran secara profesional dan proporsional dalam pembangunan bangsa dan negara secara seimbang dengan kaum laki-laki. Termasuk dalam menjaga generasi bangsa ini sesuai dengan tuntunan agama dan mengikuti perkembangan zaman.

Dalam bimbingan dan arahannya, Dekan FDK, Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd, menyampaikan bahwa sebagai alumni FDK haruslah dapat mengembangkan dan memanfaatkan segenap pengetahuan, ilmu dan skills yang dimiliki untuk kepentingan agama, negara, bangsa, masyarakat dan keluarga. 

"Silahkan mengambil peran masing-masing sesuai dengan kapasitas yang dimiliki, dengan mendedikasikan diri untuk kemajuan dan masyarakat yang bertamaddun" ujarnya. 

Sementara Wakil Dekan I, Dr. Mahmuddin mengucapkan slamat dan sukses kepada 160 Mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan S1 di FDK, semoga akan semakin mempertajam kepekaan alumni dalam menyikapi berbagai isu perubahan global yang makin pesat. Alumni sebutnya, menjadi corong terwujudnya transformasi  dakwah baik skala regional, nasional maupun global. Gerakan dakwah perlu dilakukan dalam bentuk jama’ah yang salah satunya adalah melalui wadah alumni “Forum ALUMNI FAKULTAS DAKWAH (ALFADA)” dan juga alumni prodi yang ada di lingkungan FDK. 

"Dan saat ini sejumlah alumni kita telah mampu berkiprah di dalam masyarakat, di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pejabat pemerintahan, TNI-POLRI, partai Politik, pengusaha, jurnalis, penyiar maupun berbagai profesi lainnya yang relevan" ujar Dr Mahmuddin.

Yudisium kali ini terdiri Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI): 37 orang (Lk 15 - Pr 22), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI): 48 orang (Lk 7 - Pr 41), Manajemen Dakwah (MD): 31 orang (Lk 15 - Pr 16), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI): 29 orang (Lk 12 - Pr 17), dan Kesejahteraan Sosial (KS): 15 orang (Lk 3 - Pr 12).  Dengan nilai kelulusan Cumlaude 1 orang, Pujian 91 orang, Sangat Baik 66 orang, dan Baik 2 orang. 

Secara kuantitas, peserta yudisium kali ini  mengalami peningkatan dibandingkan dengan  semester sebelumnya. Semester  sebelumnya sebanyak 145 orang. Sedangkan saat ini berjumlah 160 orang atau mengalami peningkatan sebanyak 15 orang atau sebesar 10.23 %. Secara Kualifikasi akademik, tingkat kelulusan pada semester ini menurun. Angka kelulusan dengan predikat Cumlaude pada semester ini berjumlah 1 orang dan menurun dibandingkan dengan semester sebelumnya. Sedangkan prediket pujian mengalami  peningkatan. 

Untuk mengapresiasikan hal ini, sebanyak 10 orang mahasiswa diberikan bingkisan berupa Bungong Jaroe dari semua prodi yang ada di lingkungan FDK, yaitu kepada 2 (dua) orang Alumni terbaik  berdasarkan IPK tertinggi pada masing-masing Prodi. Dari ke-10 peserta tersebut kemudian ditetapkan 1 (satu) orang  lulusan terbaik (favorit) di tingkat Fakultas.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top