lamurionline.com -- Banda Aceh -- Guna membantu para Calon Jamaah Haji Kota Banda Aceh dalam melaksanakan ibdah haji, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Banda Aceh mengadakan bimbingan manasik haji di Mesjid Oman Al Makmur Banda Aceh. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj. Wali Kota Banda Aceh H Bakri Siddiq, SE, M.Si, Minggu (01/01/2023) Pagi di Mesjid Oman Al Makmur Jl. Tgk. Mohd. Daud Beureueh, Bandar Baru Kuta Alam Banda Aceh.

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut, Bakri Siddiq menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, khususnya kepada Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Banda Aceh yang telah berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tahun 2023, sehingga dapat membina dan membimbing para jamaah calon haji Kota Banda Aceh melalui para instruktur yang berkompeten di bidangnya masing-masing. 

“Alhamdulillah, kegiatan Bimbingan manasik Haji ini sangat penting, sebab calon jamaah haji nanti akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibdah haji, misalnya pelaksanaan Rukun Haji, Wajib Haji, Sunnah Haji, maupun hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji” Jelasnya secara terperinci kepada seluruh jamaah calon haji 2023. 

Ia juga menambahkan, para calon Jamaah Haji juga akan dibekali pengetahuan tentang cara melakukan praktik mulai ihram, thaawaf, Sa’i , Wukuf di Arafah, lempar jamarat dan proses ibadah lainnya. 

“Mudah-mudahan dengan adanya kagiatan manasik ini, kami harapkan dapat menambah kemantapan dan kesiapan ilmu serta kesucian hati Bapak – Ibu sekalian dalam menjalankan ibadah Haji di tanah suci nantinya” Harapnya. 

Terakhir ia mengingatkan dalam kesempatan yang baik ini, para calon Jamaah Haji agar dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai wadah persiapan diri dengan sebaik-baiknya, karena dengan persiapan yang matang, niscaya akan menjadi modal utama bagi Bapak-Ibu dalam merasakan keindahan perjalanan spiritual, menikmati puncak dari ibadah haji.




“Saya ingatkan, jangan sia-siakan kesempatan baik ini, kegiatan ini sebagai wadah persiapan diri dengan sebaik-baiknya untuk menjadi modal bagi Bapak-Ibu dalam merasakan perjalanan spiritual menimati puncak pelaksanaan ibadah Haji” Pungkas Bakri Siddiq. 

Ketua IPHI Kota Banda Aceh Ust H Fauzan Zakaria, SP,M.Si mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Wali Kota Banda Aceh H Bakri Siddiq, SE,M.Si yang telah sudi kiranya melangkahkan kakinya hadir ke acara kami ini, sekaligus kami juga meminta arahan serta nasehat dan membuka secara resmi Kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini yang diadakan oleh IPHI Kota Banda Aceh,   semua ini tidak sanggup kami balas, hanya Allah SWT yang akan membalasnya kelak di yaumil mahsyar.   



“Ketika kita tadi mendengar kalimat Talbiyah, seakan-akan kita sekarang sudah berada di Mesjidil Haram Al-Mukarramah, rasanya kami ini yang sudah pernah berhaji, ingin hati berangkat lagi, begitunya kami rindu ke Rumah Mu ya Allah” Urai Ust Fauzan sambil membayangkan indahnya berada di Mesjidil Haram. 

Di Akhir sambutannya ia memohon doa kepada Allah agar kita semua diberi kekuatan, kesehatan agar kita bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. 

“Semoga Allah SWT terus memberikan kekuatan, kesehatan kepada kita semua, kepada Bapak – Ibu khususnya Calon Jamaah Haji yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2023” Ujarnya. 

“Tuntunan Rasullah lah bagi kita, bagaimana melaksanakan ibadah haji yang baik dan benar, dan insya Allah nanti para tutor kita akan menyampaikan semua bimbingan dan tuntunan bagaimana melaksanakan ibadah haji dan umrah, sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulullah SAW” Tutupnya. 

Ketua Panitia Pelaksana Ust H Adnan Ali, S.Pd.I melaporkan, kegiatan bimbingan manasik hai ini diikuti sebanyak 110 Calon Jamaah Haji asal Kota Banda Aceh dan sekitarnya, adapun instruktur untuk kegiatan ini kita hadirkan instruktur yang berkompeten di bidang Haji dari Kanwil Kemenag Aceh,  UIN Ar-Araniry, IPHI Prov. Aceh   dan Kantor Kementerian Agama Banda Aceh, demikian Ust. Adnan Ali. (Heri Ulka)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top