lamurionline.com -- Aceh Besar – Indrapuri (22 sd 23/02/2023) SMP Negeri Ali Hasjmy gelar AKSI perdana dengan mengangkat tema “Melalui Ajang Kreativitas dan Seni Mari Kita Wujudkan Mimpi, Raih Prestasi, Tunjukkan Jati Diri & Eratkan Silaturrahmi”. Kegiatan yang dilaksanakan di SMPN Ali Hasjmy yang berlangsung selama dua hari tersebut terlihat begitu antusias dan ramai dipadati oleh berbagai SD/MI yang tersebar diwilayah Aceh Besar dan Banda Aceh. Dalam kegiatan ini turut dihadiri berbagai tamu undangan dari beberapa unsur pemerintahan seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar, komite berserta stffnya, tokoh-tokoh masyarakat, pendamping beserta & peserta aksi juga seluruh dewan guru dan siswa-siswi SMPN Ali Hasjmy. 

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan Market Day sekaligus juga pelantikan Komite Baru SMPN Ali Hasjmy. Pada awal pembukaan acara Aksi perdana ini turut dimeriahkan oleh penampilan Ranup Lampuan yang dipersembahkan oleh grup Tari Buki Aliha dalam rangka menyambut para tamu undangan yang telah berhadir. Selanjutnya dalam kata-kata sambutan, kepala sekolah SMPN Ali Hasjmy ia menyampaikan kegiatan ini merupakan perdana yang dilaksanakan oleh SMPN Ali Hasjmy dalam rangka kita melihat sejauh mana kapasitas kemampuan anak-anak kita dalam belajar di sekolah selama ini sehingga mampu bersaing serta berkompetensi di luar sekolahnya. Juga tujuan kita adakan kegiatan aksi ini tidak terlepas daripada kita mengenalkan kepada masyarakat luar tentang sekolah SMPN Ali Hasjmy yang saat ini sudah berbasis boarding. (tutupnya)


.

Selanjutnya Komite SMPN Ali Hasjmy (Burhan, S.Pd) dalam sambutanya ia menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap terlaksananya dan terselenggaranya kegiatan inovatif seperti ini dalam mencari bibit-bibit unggul untuk kemajuan pendidikan anak bangsa nantinya kedepan, karena sebagaimana kita ketahui bahwasanya kemapuan itu jika tidak pernah di asah/diuji maka ia akan tumpul. Kemudian arahan dan bimbingan sekaligus pembukaan aksi yang dibuka oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar dalam hal ini diwakili oleh Isnandar, SE., Ak., ia menyampaikan “ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam berkompetensi di dunia Pendidikan, jika kita lihat umur sekolah ini masih sangat muda tapi dalam waktu beberapa tahun sekolah ini mampu menggelar kegiatan AKSI ini dan ini merupakan kegiatan perdana yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Tentu dalam bertanding pasti ada yang kalah dan menang dan itu menjadi hal yang sangat wajar dan normal dalam sebuah pertandingan. Selamat berjuang untuk adik-adik siswa semuanya, selamat berkompetensi semoga bisa mendapatkan yang terbaik dan juga kita berharap kepada seluruh dewan juri agar sangat subjektif dan selektif dana memberi nilai nantinya saat lomba nantinya. (tuturnya)

.

Pada kegiatan AKSI ini terdapat beberapa cabang lomba yang diperlombakan seperti; (a) MTQ (puta/putri), (b) MHQ (puta/putri), (c) Piadato (puta/putri), (d) Badminton (puta/putri), (e) Cerdas Cermat & (f) Tari Kreasi. Berdasarkan catatan akhir panitia AKSI terhitung sekolah yang mendaftar dan berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 26 sekolah yang terdiri dari 14 MI diantaranya; (MIN 10 Aceh Besar, MIN 17 Aceh Besar, MIN 33 Aceh Besar, MIN 27 Aceh Besar, MIN 1 Aceh Besar, MIN 23 Aceh Besar, MIS Mon Malem, MIN 15 Aceh Besar, MIN 5 Aceh Besar, MIN 42 Aceh Besar, MIN Jambo Tape, MIN 35 Aceh Besar, MIN Banda Aceh & MIN 9 Banda Aceh) dan 12 SD diantaranya; (SDN Seumet, SDIQ Darul Huffaz, SDN Pertiwi Lamgarot, SDN Lam Ilie, SDN Lhok Seumelu, SDN Meunasah Tutong Ingin Jaya, SDN Bukit Baro, SDN Reuleung Geulumpang, SDIK Nurul Qur’an, SDN Sihoum, SDN Samahani & SDN 1 Pagar Air) dengan jumlah peserta; (a) MTQ (putra 10 & putri 9), (b) MHQ (putra 9 & putri 14), (c) Pidato (putra 8 & putri 9), (d) Badminton (putra 14 & putri 8), (e) Cerdas Cermat (36 peserta dengan jumlah 12 regu), (f) Tari Kreasi (40 peserta dengan jumlah 8 grup) dengan total keseluruhan ialah 157 peserta.


Dr. Silahuddin, S.Ag., MA., selaku staff MPD Aceh Besar yang juga didampingi oleh staff MPD Aceh Besar lainnya, dalam penutupan acara tersebut sekaligus diiringi dengan pelantikan Komite Sekolah SMPN Ali Hasjmy ia menyampaikan “Selamat kepada Burhan S.Pd yang telah terpilih menjadi Komite SMPN Ali Hasjmy periode kedua ini, selamat mengabdi kembali untuk pendidikan anak bangsa setelah periode pertamanya telah berhasil dilewati dengan baik, namun sekarang kita punya tantangan baru yang mana sekolah ini telah berbasis boarding, kepada komite dan penggurus serta seluruh tokoh masyarakat sekitar dan juga seluruh dewan guru ini perlu adanya sinergitas bersama, saling bahu membahu khususnya dalam melahirkan nilai jual sekolah boarding kita ini sehingga dengan adanya Kerjasama dan komunikasi yang baik antar sesama kita mampu memberikan hasil yang maksimal dan bisa menawarkan kegiatan-kegiatan yang bersifat inovatif seperti aksi ini sehingga dapat membuktikan kepada masyarakat bahwasanya sekolah kita ini memiliki suatu nilai jual yang ditawarkan untuk peserta didik nantinya.” (ujarnya)


Diakhir acara tersebut, dari berbagai cabang lomba yang diperlombakan panitia Aksi dalam hal ini diwakili oleh Syarifah Lely Fithriani, S.Si., M.Pd., mengumumkan hasil keputusan dewan juri terkait juara I, II & III dari tiap-tiap cabang lomba. Untuk kategori Cerdas Cermat yang keluar menjadi juara I adalah MIN 27 Aceh Besar, juara II MIN 10 Aceh Besar dan juara III MIS Mon Malem. Selanjutnya cabang lomba Tari Kreasi yang keluar menjadi juara I adalah MIN 1 Aceh Besar, juara II MIN 10 Aceh Besar dan juara III SDN Bukit Baro. Kemudian MTQ putra juara I diraih oleh MIN 27 Aceh Besar, juara II SDN 1 Pagar Air, juara III SDIK Nurul Qur’an dan MTQ putri juara I diraih oleh MIN 10 Aceh Besar, juara II MIN 1 Aceh Besar & juara III MIN 27 Aceh Besar. 


Untuk kategori cabang lomba Badminton putra juara I jatuh kepada SDN Reuleung Geulumpang, juara II MIN 35 Aceh Besar, juara III MIN 45 Aceh Besar dan Badminton putri juara I diraih oleh SDN Samahani, juara II SDN Sihoum dan juara III MIN 35 Aceh Besar. Kemudian untuk cabang lomba MHQ putra yang keluar menjadi juara I adalah MIN 1 Aceh Besar, juara II MIN 17 Aceh Besar, juara III MIN 5 Aceh Besar dan MHQ putri juara I adalah SDIQ Darul Huffaz, jaura II MIN 15 Aceh Besar dan juara III MIN 10 Aceh Besar. 

Selanjutnya yang terakhir yaitu cabang lomba Pidato, untuk kategori putra juara I diraih oleh MIN 1 Aceh Besar, juara II MIN 15 Aceh Besar, juara III MIN 45 Aceh Besar dan untuk ketegori putri juara I diraih oleh MIN 27 Aceh Besar, juara II MIN 45 Aceh Besar dan juara III MIN 5 Aceh Besar.(Muzaris)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top