lamurionline.com -- Kota Jantho – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Darul Imarah isi rutinitas ramadhan dengan kegiatan Dinul Islam, sesuai surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan Tahun 1444 Hijriyah atau Tahun 2023 Masehi disetiap sekolah dalam wilayah binaan Disdikbud Kabupaten Aceh Besar.

Kepala sekolah (Kepsek) SMPN 1 Darul Imarah, Affilinda, S.Pd. M.Pd, menyampaikan, dalam rangka ramadhan 1444 H atau 2023 Masehi, Disdikbud Aceh Besar mengintruksikan setiap sekolah bait tingkat SD maupun SMP untuk melaksanakan Dinul Islam, sebagai upaya memperkuat dan memperdalam ilmu agama bagi anak.

“Kami dari SMPN 1 Darul Imarah siap menindaklanjuti giat tersebut dengan tujuan memperdalam dan memantapkan dan meningkatkan pemahaman, penghayatan serta pengalaman ajaran Agama Islam bagi peserta didik,” kata Affilinda SPd, MPd, Senin (27/03/2023).


Ia mengatakan materi yang diselenggarakan dalam kegiatan Dinul Islam merupakan materi penting terkait keilmuan Agama Islam, khususnya tentang keimanan, ketaqwaan, ibadah, Akhlaq, dan mencintai Kitab Suci Al-Qur’anul Karim.

“Setelah mengikuti giat tersebut diharapkan, peserta didik lebih termotivasi dalam beribadah serta mengamalkan ilmu yang diperolehnya dalam kehidupannya sehari-hari,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan Dinul Islam ini nantinya dapat membentuk karakter dan meningkatkan akhlak siswa – siswi pelajar SMP Negeri 1 Darul Imarah menuju karakter Islami sesuai dengan keteladanan Rasulullah SAW.

“Program Dinul Islam yang dilaksanakan selama bulan suci ramadhan ini diharapkan dapat melahirkan pelajar yang berakhlakul kharimah, rajin dan taat beribadah dalam kehidupan, serta menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan agama tentunya,” harap Affilinda.

Kegiatan-kegiatan yang diberikan diberikan pada giat tersebut berupa, kajian keagamaan, Shalat Dhuha bersama, Tahsin atau Tahfidz Al Qur’an (metode tadarus), pidato keagamaan, Diniyah (praktik wudhu, praktek shalat wajib, shalat jenazah dan lain-lain) dan ceramah agama.

“Kita mau melihat bagaimana keimanan mereka dan ketakwaan dalam beribadah, akhlak sehingga mereka tidak bermain diluar jangkauan yang tidak kita inginkan.” ujar Kepsek SMPN 1 Darul Imarah.

Pihak sekolah juga mengadakan berbagai perlombaan keagamaan pada akhir pelaksanaan Dinul Islam guna meningkatkan motivasi pelajar. Tentu perlombaan sesuai dengan materi yang diajarkan seperti baca tulis Quran, praktek wudhu, praktek sholat berjamaah, sholat jenazah hingga hafalan surah.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top