LAMURIONLINE.COM I PIDIE - Dalam rangka menyemarakkan malam Hari Raya Idul Fitri 1444 H, masyarakat Kemukiman Peudaya, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie gelar Pawai 1000 obor, Jumat (21/04) malam.

Kegiatan tahunan yang digagas oleh Pemuda Kemukiman Peudaya diikuti oleh semua kalangan usia dalam menyemarakkan malam lebaran.

Ketua Pemuda Kemukiman Peudaya, Mahlizar Ibrahim, S.T dalam laporannya mengatakan bahwasanya Pawai 1000 obor yang dilaksanakan sudah menjadi tradisi masyarakat di Kemukiman Peudaya dalam menyambut lebaran, dengan menyalakan 1000 obor sambil bertakbir mengelilingi Desa.

''Tujuan kegiatan ini terutama sekali untuk memeriahkan malam Hari Raya setelah sebulan berpuasa, kemudian kita bergembira sambil mengagungkan nama Allah. Selain itu kegiatan ini juga sebagai salah satu bagian dari syiar," tambahnya. 

Rute yang ditempuh peserta takbir terbatas hanya dalam kawasan Kemukiman Peudaya, meliputi Meunasah Cut, Meunasah Mesjid, Meunasah Sukon, Meunasah Tuha, Meunasah Perlak, Meunasah Buloh dan Meunasah Buni.

Pelepasan peserta takbir Pawai 1000 obor dilakukan oleh Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si di halaman Mesjid Jami' Peudaya sebagai tempat start, serta didampingi oleh Asisten III Setdakab Pidie, Drs. Sayuti, M.M, Camat Padang Tiji, Asriadi, S.Sos, Imum Mukim Peudaya, Faisal M. Ali, S.Ag., M.Si, Imum Syiek Kemukiman Peudaya, Tgk. Jailani, S.Sos.I.

Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si dalam sambutannya mengatakan kebersamaan ini harus terus dirawat dengan penuh kasih sayang, ini merupakan tradisi yang harus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Pidie.

''Momen Idul Fitri kita kembali Fitrah dengan menebar kebaikan dan kasih sayang,'' ucap Pj Bupati Pidie.

Setelah membuka kegiatan secara simbolis, Pj Bupati Pidie dan rombongan mengikuti langsung Pawai tersebut sesuai dengan rute yang telah diatur.

Konsep takbiran keliling dengan menggunakan obor dan berjalan kaki ini dilakukan mulai selepas Shalat Isya hingga berakhir pada pukul 22.00 WIB dan berlangsung secara tertib, lancar dan tanpa insiden apapun.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dan antusias dari Masyarakat Peudaya. Hal ini terlihat saat acara berlangsung seluruh Masyarakat ingin menyaksikan secara langsung dijalan-jalan depan rumah mereka. (irsan/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top