LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Kafilah Gampong Lampanah Ranjo tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-43 Tingkat Kemesjidan Asy Syuhada Lampanah Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Sementara juara II, III, IV dan V diraih Kafilah Gampong Lampanah Tunong, Gampong Lampanah Baro, Gampong Lampanah Teungoh dan Gampong Lampanah Dayah. Hasil MTQ itu diumumkan Koordinator Dewan Hakim, Ahmad Afdhil SE pada acara penutupan di arena MTQ kompleks masjid setempat, Jumat (7/4) malam. MTQ yang dimulai 31 Maret - 7 April 2023 itu ditutup Sekretaris Komisi IV DPRK Aceh Besar, Hanifullah SPdI atau yang akrab dipanggil Abi Hanif.

Panitia Pelaksana, Rahmat Hidayat, tadi malam, mengatakan, peserta terbaik dari semua cabang akan diikutkan dalam MTQ Tingkat Kecamatan yang rencananya akan digelar usai hari raya Idul Fitri 1444 H setelah proses seleksi ulang. Sehingga mereka nantinya mampu bersaing dengan peserta dari 52 Gampong di MTQ Kecamatan.

Karenanya, ia berharap semua peserta terbaik itu untuk terus mempersiapkan diri, sehingga bisa tampil baik di ajang MTQ tingkat Kecamatan nantinya.

Bagi yang belum berhasil mendapat juara, Rahmat berharap terus berupaya, sehingga pada MTQ mendatang mampu tampil dengan baik. “Tujuan MTQ ini selain untuk mempersiapkan kualitas membaca Alquran dan pengamalan juga untuk persiapan duta Kafilah Kemesjidan Asy Syuhada Lampanah ke MTQ tingkat Kecamatan Indrapuri,” katanya, didampingi Ketua Umum Remaja Masjid, Al Musahari.


Panitia, lanjut Rahmat, tahun ini juga kembali menyediakan piala bergilir dalam ajang gebyar MTQ. Piala bergilir nantinya akan didapatkan kafilah juara umum selain piala juara umum utama. Piala bergilir ini sah dipegang oleh kafilah jika kafilah tersebut berhasil meraih juara umum tiga kali berturut-turut nantinya.

Perwakilan lima Keuchik Gampong Lampanah, Fajri Bintang saat menyampaikan sambutan berterimakasih kepada donatur tetap kegiatan MTQ tersebut, Abi Hanif, selaku wakil rakyat yang juga putra asli Lampanah yang terus mendukung kegiatan syiar Islam ini.

“Kita berharap ada wakil rakyat lainnya ke depan dari Lampanah yang juga bisa menjadi donatur sehingga syiar ini tetap hidup dan menjadi semangat bagi adik-adik remaja masjid” ujar Keuchik Fajri.

Fajri juga mengharapkan remaja masjid untuk meningkatkan pembinaan karena dalam waktu dekat akan digelatr MTQ Kecamatan.

Sementara Anggota DPRK Aceh Besar, Abi Hanif mengatakan, tahun depan akan tetap mengupayakan dana pokir agar gelaran MTQ tetap berjalan setiap bulan Ramadhan. Abi Hanif juga mengapresiasi partisipasi masyarakat dan perangkat gampong se Kemesjidan Asy Syuhada Lampanah pada even ini.





“Pada pelaksanaan MTQ ini, motivasi dari orang tua merupakan poin penting saat anak-anak mengikuti lomba. Saya turut merasa bangga akan kekompakan warga Lampanah, dimana setiap kegiatan kelima keuchik Gampong hadir sebagai bentuk dukungan. Ibarat kata pepatah, satu lidi tidak berfungsi tapi jika satu genggam lidi jadilah sapu yang bisa menggerakkan apapun. Masjidlah menjadi pemersatu di Lampanah. Kemudian, peserta yang belum juara jangan berputus asa, karena itu merupakan kemenangan yang tertunda dan nantinya tetap akan jadi juara” ujar Abi Hanif seraya menutup gelaran kegiatan secara resmi yang disambut antusias masyarakat yang hadir

Abi Hanif pada kesempatan itu juga berharap para peserta yang juara agar difungsikan di masjid sebagai bentuk pembinaan sebagai generasi penerus masjid.

Sebelum penutupan, Abi Hanif dan imam masjid Asy Syuhada, Tgk Saifullah M Ali  juga menyerahkan santunan untuk anak yatim yang merupakan sumbangan masyarakat, donatur dan tokoh setempat.

Hadir pada kesempatan itu, Imum Mukim Reukih, Mahya Zakwan SAg, Wakil Badan Kemakmuran Masjid (BKM), Mukam Zahri SAg, Ketua Pemuda Lampanah, Husaini Arsyad ST, para Keuchik dan Imam meunasah dan tokoh masyarakat setempat.

Sebagai informasi, Kemesjidan Asy Syuhada Lampanah menaungi lima gampong di Kemukiman Reukih Kecamatan Indrapuri, yaitu Gampong Lampanah Ranjo, Lampanah Dayah, Lampanah Teungoh, Lampanah Baro dan Lampanah Tunong.

Liputan: Abrar/Herman/Husban

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top