lamurionline.com -- Kota Jantho – Perwakilan dari organisasi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau yang dikenal dengan Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMAPAUDI) Aceh Besar menyerahkan bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah, bantuan langsung diterima oleh Ketua relawan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Hasan Bangka beserta beberapa pengurusnya di Sekretariat PRB Aceh, Kuta Alam, Rabu (12/4/2023).

Hadir pada penyerahan itu Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar, Agus Jumaidi, SPd, MPd, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil, SSos, MSi, Ketua Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMAPAUDI) Aceh Besar Irmalita beserta anggota.

Ketua HIMPAUDI Aceh Besar Irmalita, mengatakan, dirinya bersama para anggota HIMAPAUDI yang lainnya merasa tergerak untuk memberikan bantuan kepada korban gempa Turki dan Suriah, hal tersebut juga menjadi wujud kepedulian masyarakat Aceh, karena Turki merupakan salah satu Negara memiliki jasa besar terhadap pemulihan Aceh pasca gempa dan tsunami tahun 2004 silam.

“Kami merasa terpanggil untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Turki, itu sebabnya kami bersama peserta didik mengumpulkan donasi, Alhamdulillah terkumpul sebanyak Rp 6.325.000 yang kita serahkan hari ini,” katanya.

Ia juga turut menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang menimpa masyarakat Turki dan Suriah, Irmalita yakin masyarakat Turki mampu bangkit dari bencana tersebut.

“Kami yakin masyarakat Turki mampu bangkit, mengingat Turki menjadi satu Negara yang melekat bagi orang Aceh, karena Turki sangat banyak membantu Aceh saat tsunami dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil, mengatakan, jika pihaknya sangat mengapresiasi gerakan sosial yang dilakukan oleh lembaga maupun profesi di Aceh Besar yang turut andil menyampaikan bantuan untuk korban gempan Turki dan Suriah.

“Kita bangga, dan sangat mengapresiasi segala bentuk gerakan sosial yang dibangun oleh lembaga maupun kumpulan profesi untuk menyampaikan empati kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, tidak peduli berapapun jumlah yang terkumpul, tapi semangat membantu itu harus kita apresiasi,” kata Ridwan jamil.

Senada dengan Kalaksa BPBD, Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi, juga turut mengapresiasi atas kerja keras HIMPAUDI untuk menggalang dana bagi masyarakat korban gempa turki, menurutnya, kepekaan sosial perlu di latih sejak dini kepada para peserta didik khususnya anak-anak PAUD.

“Kepekaan sosial secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk bereaksi secara cepat dan tepat terhadap objek atau situasi sosial tertentu yang ada disekitarnya, ini penting untuk ditumbuhkan kepada peserta didik, karena ini dapat melekat sampai dia besar,” pungkasnya. (Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top