Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke VIII tingkat Kemesjidan Baburridha Lam Ilie dibuka secara resmi oleh Anggota DPRA, Muchlis Zulkifli ST, Sabtu (8/4). Sejumlah tokoh yang hadir memuji kemegahan arena MTQ tersebut.

“Saya apresiasi kinerja panitia karena mampu mempersembahkan arena MTQ yang sangat megah,” ucap Ngoh Muchlis, sapaan akrabnya

Kata Muchlis, kemegahan arena MTQ ini harus dibarengi dengan rajin membaca Alqur’an seraya mengamalkannya. Di Indrapuri dan Aceh Besar secara umum, telah hadir qori-qori terbaik sebagai motivasi bagi seluruh qori dan qoriah. 

“Semoga Qori dan Qoriah di Kemesjidan Baburridha Lam Ilie mampu meraih pretasi yang membanggakan pada ajang yang sama di tingkat kecamatan dan kabupaten,” lanjutnya.

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sambungnya, membangun daerah bukan saja dari segi infrastruktur, akan tetapi membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya aqidah yang menyintai dan memahami isi kandungan Al- Qur’an sangat perlu. Untuk itu, diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat di Kemesjidan Baburridha untuk selalu mengedepankan kebersamaan dan semangat gotong – royong.

“Kebersamaan dan semangat gotong royong harus digelorakan,” ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut, Muchlis Zulkifli memberikan semangat dan dukungan bagi para peserta yang hadir. Selain anggota DPRA, hadir pada momentum pembukaan MTQ tingkat Kemesjidan Baburridha Lam Ilie dari DPRK Aceh Besar, Firdaus SE MM, Rahmat Aulia, Muhsinir Marzuki SSos, Ketua PA Aceh Besar, Hasballah SAg, Kankemenag Aceh Besar, Imam Masjid Babrridha, BKM masjid, Imum Mukim Reukih, Mahya Zakwan SAg, pengurus Ippemindra, DPK BKPRMI Indrapuri, muspika kecamatan, danramil. polsek, para keuchik setempat dan para tokoh masyarakat lainnya

Ketua Panitia Kegiatan, Ahmad Muzayyin dibenarkan Ketua Remaja Masjid, Majral Afkar SSi, mengatakan ajang MTQ ini bertujuan untuk mengasah kemampuan anak-anak yang akan digelar selama 10 hari (8 - 18 April 2023) diikuti150 peserta dengan berbagai cabang lomba. MTQ tersebut mengambil tema, MTQ Hebat Membangun Kafilah Beradab di Era Modernisasi

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sementara Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM, mengungkapkan bulan Mei mendatang pengurus LPTQ Kecamatan akan menggelar MTQ tingkat kecamatan. Irda berharap kegiatan tersebut berjalan sukses sehingga para juara di MTQ Kemesjidan Baburridha Lam Ilie ikut berpartisipasi pada even kecamatan itu.

“Sementara saat ini, sekitar 29 peserta dari kecamatan Indrapuri akan mengikuti seleksi STQ tingkat Aceh Besar di Lambaro” sebut Irda.

Imam Masjid Baburridha Lam Ilie yang juga Kasi Mapenda Kakankemenag Aceh Besar, Suryadi SAg mengapresiasi kerja keras panitia dan kontribusi para keuchik sekemesjidan Baburridha Lam Ilie pada even ini. 

Kankemenag Aceh Besar Isi Ceramah Nuzulul Qur’an

Sementara itu, malam pembukaan MTQ tersebut dibarengi dengan ceramah memperingati malam nuzulul quran, yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Salman Arifin SPd MAg. 

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Sumber Foto: Dedi Muzakkir (Cut Kid)

Salman Arifin menceritakan bahwa walaupun sudah 1444 tahun lalu Al Qur'an diturunkan oleh Allah SWT. Namun remaja masjid tetap melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an dan juga melaksanakan lomba untuk pemahaman lebih baik dan sempurna. Salman menyebut, mendidik generasi agama di bidang Al Qur'an perlu terus ditingkatkan dan digalakkan. Karena Al Qur'an merupakan pedoman hidup semua manusia khususnya masyarakat muslim.

“Ada lima tingkatan dalam mengembangkan Al Qur'an bagi ummat, pertama menjadi pendengar, kedua menjadi pembaca yg baik, ketiga mentadabbur dan mendalami Alquran, keempat beramal dengan semua perintah dan larangan dan kelima mengajarkannya kepada manusia” ungkap Salman.

Liputan: Abrar/Herman/Husban

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top