lamurionline.com -- Aceh Besar - SMPN Ali Hasjmy yang sedang melaksanakan kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1444 H mulai tanggal 27 Maret s/d 10 April 2023, hari ini kembali adakan kegiatan Mukammal Tasmi' Hafalan Al-Qur'an yang merupakan salah satu kegiatan jebolan yang mampu dilaksanakan oleh SMPN Ali Hasjmy untuk ke-2 kalinya ditengah-tengah kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1444 H.

Rasulullah SAW bersada:

عَن عُثَمانَ رَضِىَ اللٌهُ عَنهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صٌلَى اللٌهُ عَلَيهِ وَسَلٌمَ خَيُركُم مَن تَعلٌمَ القُرانَ وَعَلٌمَهَ

( رواه البخاري وابو داود والترمذي والنسائ وابي ماجه )

 

Artinya: “Dari Utsman RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah)

 

Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi mengatakan di dalam kitab Fadhilah Amal dan dalam sebagian besar kitab lainnya, hadits diriwayatkan dengan menunggukan huruf “wa” (artinya dan) sebagaimana terjemahan di atas. Dengan merujuk terjemahan di atas maka keutamaan itu diperuntukkan bagi orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain. Namun dalam beberap kitab lainnya, hadits itu diriwayatkan dengan menggunakan huruf “aw” (artinya atau). Sehingga terjemahanya adalah “yang terbaik di antara kamu ialah orang yang belajar Al-Qur’an atau yang mengajarkan Al-Qur’an.”

 

Dengan demikian, maka keduanya mendapatkan derajat keutamaan yang sama. Sebagaimana kita ketahui bersama Al-Qur’an adalah inti dari agama salah satunya merupakan petunjuk bagi umat manusia. Menjaga dan menyebarkan isi dari kandungan Al-Qur’an juga sama dengan menegakkan agama. Karenanya sangat jelas keutamaan mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya, walaupun bentuknya berbeda-beda. Yang paling sempurna adalah mempelajarinya namun akan lebih sempurna lagi jika mampu menghafal, mengetahui maksud dan isi kandungannya.



Kegiatan Mukammal Tasmi' Hafalan Al-Qur'an yang ke-2 ini sedikit berbeda dengan tahun lalu dimana pada tahun ini tasmi’ hafalan al-Qur’annya terdiri dari 1 Juz dan 2 Juz dengan peserta mulai dari kelas VII s/d IX juga diikuti oleh sejumlah guru, karyawan, pegawai, staff TU dan seluruh siswa/i SMPN Ali Hasjmy dengan penuh khidmat. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 09:00 WIB s/d 13:30 WIB yang berlangsung di Mushalla SMPN Ali Hasjmy. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan terhadap siswa BILAL AL FARISHI yang telah menyelesaikan hafalan 2 Juz yang Ianya saat ini merupakan siswa kelas VII (7) SMPN Ali Hasjmy. Selanjutnya untuk tasmi’ hafalan Al-Qur’an 1 Juz dilaksanakan terhadap beberapa siswa/i di antaranya; Shaimul Falah (siswa kelas IX), Rifki Akmal (siswa kelas VIII), M. Dzaki Alfayiz (siswa kelas VII), Aidil Aqsa (siswa kelas VIII), Khansa Asyifa (siswi kelas VII), Nayla Tazkia (siswi kelas VII), Rafifa Farras Maisuni (siswi kelas VIII), Zhalila Fiaullillah (siswi kelas IX), Ziva Azzahra (siswi kelas IX), Zikrina Iqlima (siswi kelas IX) dan Annisa Fitria (siswi kelas IX).


Kegiatan jebolan tersebut sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh SMPN Ali Hasjmy selama kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1444 H sebagaimana yang dilansir pada acara Pembukaan Kegiatan Dinul Islam beberapa hari lalu (27/3/2023) oleh Kepala Sekolah (Fakhrudin., S.Ag., MA.,), Koordinator Kegiatan Dinul Islam (Darwazi., S.Pd.I.,) dan juga Pengawas PAI SMPN Ali Hasjmy (Radhiah., S.Pd.I.,). Pada kegiatan pembukaan tersebut jelas SMPN Ali Hasjmy melaksanakan kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1444 H fokus terhadap Belajar Baca Al-Qur'an yang dibagi ke dalam beberapa kelas seperti kelas Iqra' kelas Tahsin dan Kelas Tahfiz.

Fakhruddin., S.Ag, MA., selaku Kepala Sekolah SMPN Ali Hasjmy tersebut menyampaikan "Alhamdulillah sungguh luar biasa, terus terang saya katakana saya sangat terharu dan terpukau dengan penampilan anak-anak kita pada hari ini dan kita tentunya baik guru maupun seluruh siswa lainnya banyak hal yang harus kita belajar dari anak-anak kita. 


Hari ini di antara mereka sudah ada yang menghafal 2 juz dan juga 1 juz ini patut kita apresiasi bersama sebesar-besarnya dan InshaAllah nanti di penghujung acara akan kita berikan penghargaan (reward) kepada mereka yang telah menghafal baik 2 juz maupun 1 juz, di samping itu juga kiranya ini patut kita teladani bersama dan saya kira ini sungguh luar biasa sekolah kita yang berbasis sekolah negeri mampu dan bisa kita jalankan kegiatan jebolan yang sangat penuh inspiratif seperti ini. 

Kalau kita lihat siswa kita ini masih duduk di bangku kelas VII s/d IX, tapi hari ini di tengah-tengah program Dinul Islam yang sedang kita jalani sekarang mereka telah membuktikan diri mereka mampu menyelesaikan hafalan 1 Juz dan 2 Juz dari Al-Qur'an terlebihnya dalam bulan suci Ramadhan. Ini tentunya suatu jebolan kegiatan yang luar biasa yang sangat positif saya rasa dan sangat memberi dampak yang begitu signifikan untuk sekolah kita kedepan dan ini juga menjadi salah satu ICON sekolah kita sebagaimana sekolah kita merupakan sekolah SPT. (pungkasnya)

Dalam kesempatan lain Darwazi, S.Pd.I selaku koordinator kegiatan Dinul Islam menyampaikan bahwa "salah satu tips supaya hafalan kita tidak lupa adalah dengan meningkatkan ibadah kita, kemudian hafalan tersebut diulang-ulang baik dimana saja kita berada contohnya ketika dalam shalat hafalan tersebut diulang-ulang. Coba hari ini kalian mulai bermimpi agar seperti Bilal dan teman-temannya yang lain yang hari ini merupakan mukammal ke-2 kita dengan harapan nantinya pada mukammal ke-3 kalian bisa seperti mereka anak-anak sekalian. 

Siapapun yang mampu menghafal Al-Qur'an semua orang tua tentunya pasti bahagia dan kalian anak-anak sekalian harus iri positif terhadap Bilal dan teman-temanya. Sebagaimana kita ketahui Bilal dan teman-temanya hari ini telah membuat kita semua terpukau dan terharu nak terlebih lagi ini di bulan suci Ramadhan, sungguh mashaAllah pahala yang Allah berikan tentunya. Nah kita hari ini yang statusnya juga sama seperti Bilal dan teman-temannya dan apa yang kita ingin semua bisa kita penuhi dan dapat. Apa kita tidak malu ? Seketika suasana dibuat hening, sedih, terharu dan penuh suka duka. (ujar putra berdarah Aceh Besar tsb)

Sebagai apresiasi/reward terhadap apa yang telah dicapai oleh Bilal Al Farishi dan teman-teman lainnya sampai saat ini, pihak sekolah memberikan beberapa penghargaan kepada para mukammal hafiz 2 juz dan 1 juz serta juga kepada beberapa siswa lainnya yang tingkat kehadirannya 100% selama kegiatan Dinul Islam ini atau tidak pernah absen. (Cek Man/MZ)

 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top