lamurionline.com -- Kota Jantho -- Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, Selasa (23/05/2023) bakda subuh, melepas dan sekalgus peusijuk 84 Calon Jamaah Haji (CJH) dari Aceh Besar yang tergabung di kloter 1, di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Suka Makmur.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswannto dalam sambutannya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji seluruh jamaah calon haji yang sesaat lagi akan menuju ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam kelima. "Semoga saudara sekalian memperoleh haji yang mabrur," ucapnya.



Menurut Iswanto, perjalanan ke tanah suci ini adalah untuk beribadah dan bukanlah perjalanan biasa. Oleh karena itu, CJH dari Aceh Besar agar bisa melaksanakan rangkaian ibadah dengan tertib dan khusyuk dengan mentaati aturan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh penyelenggara haji, yakni Pemerintah Arab Saudi. 

Juga mengikuti petunjuk dan panduan yang telah diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji setempat. "Kami berharap agar CJH dari Aceh Besar nanti bisa melaksanakan ibadah dengan tertip dan khusyuk sesuai dengan peraturan dan ketentuan di daerah setempat," ungkapnya.

Iswanto menjelaskan, mengerjakan ibadah haji ke tanah suci Makkah Al-mukarramah, disamping sebagai ibadah kepada Allah Swt, juga para calon jamaah haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan ibadah haji ini. 



Pertama, para CJH harus memupuk ukhuwah islamiyah dengan  seluruh calon jamaah haji, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri, sehingga citra jamaah haji dari Indonesia terkhusus Aceh akan terkesan baik dan indah di mata kaum muslimin sedunia.

Yang kedua Iswanto mengatakan, para CJH harus memupuk rasa persatuan dan kesatuan dan persaudaraan yang lebih erat sesama calon jamaah haji indonesia pada  umumnya dan daerah pada khususnya. "Kepada seluruh bapak ibu jamaah haji ini agar di tanah suci nanti tidak lupa untuk mendoakan agar Allah Swt tetap memberikan kedamaian dan kesejahteraan kepada kita semua di Kabupaten Aceh Besar," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kankamenag Aceh Besar H. Salman, SP.d MPd dalam laporannya menyampaikan CJH Aceh Besar tahun 2023 didominasi oleh kaum perempuan dengan jumlah CJH 273 orang dan CJH laki-laki berjumlah 189 orang dengan total keseluruhan 461 orang CJH.

"Tahun ini CJH Aceh Besar 461 orang dan didominasi oleh kaum hawa," ujarnya.

Salman menambahkan, dari 461 orang CJH haji Aceh Besar 84 orang CJH bergabung pada Kloter 1 Aceh bersama 130 orang CJH dari Banda Aceh dan 171 orang CJH dari Pidie Jaya dan akan didampingi 3 orang PHD dan 5 orang PPIH kloter, memasuki asrama haji pada pukul 08.00 wib tadi pagi.  

Selanjutnya Salman mengatakan, CJH termuda tahun ini berumur 19 tahun warga Gampong Lampaseh Lhok atas nama Abdul Awwab Bin Nurul Akbar yang lahir pada 1 Juni 2003 dan CJH tertua berumur 94 tahun warga Gampong Baroh atas nama Halimah Ibrahim Qualeman yang lahir pada 1 Desember 1928. "Kedua CJH termuda dan tertua dari Aceh Besar berasal dari Kecamatan Montasik," ujarnya.

Salman kembali mengatakan, 399 CJH yang tergabung di kloter 1 tersebut dijadwalkan akan terbang dengan pesawat GA 2101 ke tanah suci via Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar pukul 07.45 hari Rabu (24/5/2023).

"Mereka akan diterbangkan besok sesuai jadwal pemberangkatan CJH Aceh," pungkas Salman.

Kegiatan penglepasan CJH Aceh Besar di Masjid Baitul Makmur, Sibreh, selain dihadiri Pj Bupati Aceh Besar, juga dihadiri Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra, Sekda Drs Sulaimi MSi, Ketua MPU, Kakankemenag Aceh Besar, Pj Ketua TP PKK Cut Rezky Handayani SIP MM, Ketua DWP Aceh Besar dan para undangan serta keluarga dari CJH Aceh Besar. (Sayed M. Husen)


SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top