LAMURIONLINE.COM I ACEH - Akhir-akhir ini media dihebohkan dengan perihal pembongkaran situs bersejarah Rumoh Geudong yang merupakan saksi bisu sejarah panjang konflik bersenjata di provinsi Aceh.

Rumoh Geudong menjadi bukti bahwa di Aceh pernah terjadi pelanggaran HAM berat di masa lalu yang menyebabkan banyaknya korban yang meregang nyawa akibat insiden yang terjadi di Rumoh Geudong tersebut.

Menanggapi hal ini, Duta Eco Wisata Pidie, Hafizhuddin Islamy menilai seharusnya pemerintah merawat serta menjaga situs-situs sejarah yang ada. Apalagi ini merupakan situs sejarah penting untuk pengetahuan generasi selanjutnya terhadap sejarah daerahnya.

"Yang namanya sejarah itu harus dirawat, jikapun Rumoh Geudong itu digusur harusnya di tempat itu dibangun sebuah monumen ataupun museum yang menunjukkan bahwa di tempat tersebut dulunya pernah terjadi peristiwa yang memilukan" ucap Hafiz.

Selanjutnya ia juga menambahkan Jika situs sejarah itu dihilangkan, maka bagaimana mungkin generasi selanjutnya bisa mengetahui sejarah tanah tempat lahirnya sendiri. 

"Jika sejarah dihilangkan, maka yang akan lahir hanyalah generasi yang buta akan sejarah bangsanya". sebut Hafiz menutup pembicaraan. (Farial Mirza/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top