lamurionline.com -- Banda Aceh -- FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa (28 November 2023) menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Kunjungan tersebut disambut oleh unsur pimpinan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yaitu Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembangaan, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan, Kepala Tata Usaha, dan sejumlah dosen, serta tenaga kependidikan di Ruang Rapat Dekan Lt.1 Gedung B FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sejumlah tamu tersebut merupakan unsur pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan, semuanya berjumlah 20 orang. Kehadiran rombongan dari FITK UIN Sumatera Utara tersebut merupakan kunjungan yang kedua, di mana Dekan FITK UIN Sumatera Utara telah mengunjungi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Selasa, 22 November 2022) untuk memperkuat kerjasama di bidang organisasi dan kemahasiswaan. 

Dekan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam sambutannya mengatakan, hampir seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia sedang bekerja keras untuk pencapaian predikat unggulan. Hal tersebut merupakan tantangan Pemerintahan Negara Indonesia yang bertekad untuk menjadi negara maju menjelang tahun 2024. Karena keinginannya menjadi negara maju, maka seluruh instansi tak terkecuali dengan institusi pendidikan ikut mendukung program pemerintah, salah satunya dengan meningkatkan kinerja manajerial dan tata kelola di lingkungan Perguruan Tinggi, ungkap Prof Safrul.

 Kunjungan rombongan dari FITK UIN Sumatera Utara direncanakan berlangsung selama 3 hari dimulai sejak tanggal 28 s.d 30 November 2023. Kunjungan ilmiah tersebut bertujuan untuk melakukan benchmarking perguruan tinggi dalam aspek manajemen tenaga kependidikan, layanan administrasi umum perencanaan dan keuangan, serta layanan administrasi akademik. 

Kedatangan kami ke FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh kali ini bertujuan untuk melakukan benchmarking terkait dengan manajemen tenaga kependidikan untuk pencapaian predikat akreditasi unggul pada sejumlah Program Studi pada FITK UIN Sumatera Utara. Di sisi lain, aspek layanan adminitrasi umum dan keuangan dan layanan administrasi akademik juga menjadi perhatian bagi kami untuk memperdalam hubungan kemitraan ini, sehingga dapat terwujud dan terjaga sebagaimana harapan kita semua, ungkap Prof. Dr. Tien Rafida, M. Hum. selaku Dekan FITK UIN Sumatera Utara.


Baca: Perkuat Kemitraan, FTK UIN Ar-Raniry Sambut Rombongan Mahasiswa FITK UIN Sumatera Utara (link: https://ftk.ar-raniry.ac.id/perkuat-kemitraan-ftk-uin-ar-raniry-sambut-rombongan-mahasiswa-fitk-uin-sumatera-utara/)

Terkait dengan aspek layanan administrasi akademik, Prof Habib selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembangaan mengatakan, aspek utama yang menjadi perhatian Pimpinan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kinerja manajerial adalah terletak pada bidang akademik. Kondisi bidang akademik setiap saat aktif memberikan jasa pelayanan baik kepada dosen, mahasiswa, dan juga stakeholder pendidikan. 

"Dalam perkembangannya, FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah menyediakan layanan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) untuk dikelola dengan baik oleh bidang akademik dalam rangka memberi pelayanan kepada dosen dan mahasiswa secara online. Sistem ini mampu telah mampu memberikan akses layanan secara cepat, cepat, efektif, dan efesien terkait dengan kebutuhan pembelajaran," ujarnya.

Baca: FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Pelatihan dan Upgrading SIAKAD (link: https://ftk.ar-raniry.ac.id/ftk-uin-ar-raniry-banda-aceh-gelar-pelatihan-dan-upgrading-siakad-2/)

Baca: FTK UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Pelaporan PDDikti (link: https://aceh.tribunnews.com/2023/11/28/ftk-uin-ar-raniry-gelar-workshop-pelaporan-pddikti)

Sejumlah rombongan tersebut juga dibekali informasi seputar layanan administrasi umum dan tata kelola keuangan. Dalam kesempatan tersebut, Samsul Kamal selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan. Dalam pemaparannya, Samsul menyampaikan bahwa dalam rencana strategis UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020-2024 berisi peta strategis, sasaran strategis, dan rencana induk pengembangan. Dilihat dari pendekatan secara strategic management, menurut konsep balance score card terdiri dari empat perspektif yaitu: stakeholder, internal business process, learning and growth, dan financial. 

"Keempat perspektif ini, posisinya bisa berubah tergantung dari visi misi yang dimiliki oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” ujar Samsul.

Ia menjelaskan bahwa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah menempatkan perspektif financial paling bawah, sementara di atas terdapat sasaran strategis mengenai learning and growth yang terdiri dari talenta atau sumber daya manusia. Selanjutnya, strategic information terkait dengan pengembangan teknologi informasi; strategic infrastructure terkait dengan pemanfaatan aset baik untuk tridharma perguruan tinggi maupun penguatan financial, pelayanan, dan fasilitas umum; serta strategic organization culture terkait dengan budaya kerja organisasi yang unggul.

“Perspektif internal business process tidak terlepas dari tridharma perguruan tinggi terkait dengan pendidikan, riset, dan tata kelola yang efektif. Sedangkan, pada perspektif stakeholder yaitu terdiri dari semua yang ada di dalam kampus atau luar kampus bahkan yang mempunyai interest terhadap kampus termasuk pemerintah sebagai salah satu stakeholder. Kita ingin menghadirkan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di Asia Tenggara dan dunia,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa di Tahun 2022, FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah mengirimkan sedikitnya 30 orang tenaga kependidikan untuk mendalami aspek pelayanan publik dan manajemen dan tata kelola arsip negara. Output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut saat ini sudah mulai tercium positif. Alhamdulillah di Tahun 2023 ini, 8 Prodi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah memperoleh pencapaian predikat akreditasi unggul dari Lamdik, dan 5 Prodi lainnya sedang mempersiapkan pencapaian terbaiknya di tahun depan. 

Baca: FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Bimtek Tata Kelola Arsip (link: https://ftk.ar-raniry.ac.id/ftk-uin-ar-raniry-banda-aceh-gelar-bimtek-tata-kelola-arsip-2)

Baca: FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Bimtek Pelayanan Publik (link: https://ftk.ar-raniry.ac.id/ftk-uin-ar-raniry-banda-aceh-gelar-bimtek-pelayanan-publik)

Dalam kunjungan tersebut juga berlangsung proses diskusi antara kedua belah pihak dan diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh unsur pimpinan. (Cek Man/ZK)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top