LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - 29 November 2023 kembali menjadi hari bersejarah dalam pembinaan Komite Sekolah/Madrasah oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Besar. Dalam momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke-78 di Lapangan Upacara Bungong Jeumpa, Kota Jantho Aceh Besar. 

Kegiatan yang dihadiri oleh guru se-Aceh Besar tersebut berlangsung dengan penuh hikmat, diiringi hujan rintik-rintik di pagi hari. Begitu prosesi upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan penghargaan oleh Pj. Bupati Aceh Besar, termasuklah salah satunya hasil seleksi terhadap Komite Sekolah/Madrasah (Komsek) Berprestasi tahun 2023.

Prof. Dr. Mustanir selaku Ketua MPD Aceh Besar melalui Dr. Silahudin sebagai Ketua Panitia seleksi Komsek Berprestasi menyatakan bahwa kegitatan ini sebagai bagian dari upaya pembinaan dan pemberian penghargaan untuk komite sekolah, yang juga diharapkan dapat memotivasi Komsek untuk terus berprestasi, demi kemajuan Pendidikan di Kabupaten Aceh Besar.

Pembagian hadiah utama diberikan langsung oleh Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM yang didampingi oleh unsur Forkopimda. Selanjutnya pemberian hadiah dilakukan oleh Kepada Dinas Pendidikan Aceh Besar Bahrul Jamil, S.Sos, M.Si dan beberapa pejabat lainnya dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Besar, juga dari beberapa anggota MPD yang hadir seperti Dr. Silahuddin, Dr. Sabirin, Drs. Abubakar, M.Si, Munzir, M.Pd dan Drs. Hamdani.

Komsek Berprestasi yang dinilai dari 3 tingkatan Satuan Pendidikan, yaitu Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, yang masing-masing kategori dengan peringkat Juara I, II, III, dan Harapan I, II, III. 

Untuk masing-masing tingkatan yang mendapat juara sebagai berikut, Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI, Juara I diraih oleh Komite SDN Buengcala, Juara II diraih oleh Komite MIN 1 Aceh Besar, Juara III diraih oleh Komite MIN 34 Aceh Besar dan Harapan I diraih oleh Komite SDN Pagar Air, Harapan II diraih oleh Komite SD Negeri Cot Meuraja, Harapan III diraih oleh Komite SD Negeri Lamnga. Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTs: Juara I diraih oleh Komite SMPN 2 Mesjid Raya, Juara II diraih oleh Komite SMPN 1 Darul Imarah, Juara III diraih oleh Komite SMPN 3 Ingin Jaya, dan Harapan I diraih oleh Komite SMPN 1 Mesjid Raya, Harapan II diraih oleh Komite SMP PKPU, Harapan III diraih oleh Komite SMP MSBS Jantho. 



Adapun untuk Tingkat Satuan Pendidikan SMA/SMK/MA: Juara I diraih oleh Komite MAN 1 Aceh Besar, Juara II diraih oleh Komite SMK-PP Negeri Saree, Juara III diraih oleh Komite SMAN 2 Kuta Baro, dan Harapan I diraih oleh Komite SMAN 1 Montasik, Harapan II diraih oleh Komite SMAN 1 Baitussalam, Harapan III diraih oleh Komite SMK Grafika Kota Jantho.

Selain dana pembinaan yang bersumber dari Pemda Aceh Besar diberikan ke para juara I, II, III dan harapan I, II, III untuk masing-tingkatan juga diberikan dana pembinaan untuk 9 Komite Sekolah/Madrasah lainnya. Hadiah yang diberikan mencapai 80 jutaan

Mustanir menyampaikan bahwa "Dana pembinaan yang diberikan, untuk memotivasi Komite Sekolah/Madrasah agar semakin berprestasi lagi dalam memajukan dunia pendidikan, dengan berkolaborasi dan berkoordinasi bersama pihak sekolah, masyarakat dan juga orang tua siswa, serta pihak terkait lainnya". (Sabirin)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top