Ketua Komisioner Baitul Mal Aceh Besar H Azwir Anwar SE menyampaikan pengantar pada Rapat Koordinasi bersama UPZ di Aula Madinatul Zahra, Darul Imarah, Kamis (14/12/2023).

lamurionline.com -- KOTA JANTHO - 50 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar mengikuti Rapat Koordinasi terkait pemungutan, pengelolaan hingga penyaluran zakat di Aula Madinatul Zahra, Darul Imarah, Kamis (14/12/2023).

Rapat koordinasi diikuti 60 peserta dari 50 UPZ, antara lain UPZ OPD, Instansi Vertikal, Kecamatan, Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Ibtidaiyah daam kabupaten Aceh Besar.

Ketua Komisioner Baitul Mal Aceh Besar H Azwir Anwar SE mengatakan tujuan digelar rapat koordinasi bersama para petugas di Unit Pengumpul Zakat ini, untuk peningkatan kapasitas dan integritas serta pemahaman yang sama dalam rangka melayani mustahik dan muzakki.

" Petugas UPZ harus paham dan memiliki pemahaman yang kuat terkait fiqih zakat, sehingga diharapkan dapat melayani mustahik dan muzakki dengan baik," harapnya.

Ia juga mengaku keberhasilan dalam melaksanakan tugas ditentukan oleh 3 komponen, antara lain adanya UPZ yang handal, mengikuti proses dan aturan serta melakukan penyaluran tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna. " Artinya keberhasilan Baitul Mal dalam mengelola zakat ini harus memiliki UPZ yang handal, mengikuti proses dan aturan serta melakukan penyaluran tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna," imbuhnya.


Kepala Sekretariat Baitul Mal Heru Saputra SH MH mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk mengukuhkan forum UPZ dibawah pemkab aceh Besar yaitu ada 219 UPZ dan dilaksanakan selama dua hari sejak kemarin.

" Mana nanti ada penyampaian materi terkait dan sosialisasi program dari sumber zakat dan infak serta regulasi kepada UPZ sebagai mitra Baitul Mal Aceh Besar. Materi kan disampaikan langsung oleh komisioner Baitul Mal," sebutnya.

Komisioner Baitul Mall Aceh Besar yang hadir antara lain H Azwir Anwar SE, selalu Ketua, dan para anggota Komisioner antara lain Nurhadi Wiraatmaja LC, Fazzan MA Ph.D, Indah Prihatin SHI ME dan Ilham Hidayatullah Lc MA.(Cek Man/Sirat)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top