LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Ketua DPW Partai Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Hasballah SAg, mengungkapkan Aceh Besar membutuhkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang lebih representatif. Saat ini, RSUD di Indrapuri sangat kurang memadai, karena lokasinya yang sempit dan fasilitas yang belum memenuhi standar.

Menurut Hasballah, upaya perluasan dan pembangunan RSUD di Aceh Besar menjadi suatu prioritas di masa akan datang untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. Dalam merencanakan perluasan ini, dapat mengacu pada perencanaan awal pemindahan RSUD dari Kota Jantho ke Indrapuri. Lokasi perluasan yang layak adalah areal RSUD ke bagian kebelakang, yang mengarah ke perbukitan sekitar Masjid Abu Indrapuri.

"Kami melihat RSUD di Indrapuri saat ini kurang layak dan belum memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang baik. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan perluasan dan pembangunan RSUD yang dapat memberikan pelayanan yang representatif, yang sesuai dengan standar rumah sakit pemerintah tingkat kabupaten," ungkap Hasballah kepada media di Indrapuri, Jumat (15/12/2023). 

Rencana tersebut sebenarnya pernah disampaikan berbagai kalangan, termasuk tokoh masyarakat dan pihak terkait di bidang kesehatan. Untuk ini, warga Aceh Besar  berharap, dengan adanya RSUD yang baru dan representatif, akses masyarakat terhadap layanan kesehatan akan semakin mudah dan berkualitas. Pasien rujukan pun tidak akan membludak ke RSUZA Banda Aceh. 

Menurut Hasballah, perluasan lokasi RSUD Aceh Besar merupakan langkah strategis, mengingat ketersediaan lahan yang luas dan potensi untuk pengembangan fasilitas kesehatan yang lebih modern. “Untuk ini, perlu melibatkan berbagai pihak, termasuk ahli perencanaan kota dan arsitektur, guna memastikan perluasan RSUD dilakukan secara optimal,” ujarnya. 

Sejauh ini, kata Hasballah, dalam tahap perencanaan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar perlu segera mengambil langkah-langkah konkret untuk merealisasikan pembangunan RSUD yang baru dan representatif. Sebab peningkatan fasilitas kesehatan pada  tingkat kabupaten diharapkan dapat menjadi investasi jangka panjang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat Aceh Besar.  

“Kita mengharapkan lokasi baru ini tetap berada di pinggir jalan raya dan mudah dijangkau oleh masyarakat Aceh Besar  dan Indrapuri lokasi yang tepat,” pungkas Hasballah, yang juga Caleg Daerah Pemlihan 1 (Aceh Besar, Sabang, dan Banda Aceh) untuk DPRA dari Partai Aceh. (Smh/Adv)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top