LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg menerima kunjungan Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi di Ruang Rektor kampus Darussalam, Jum’at (16/2/2024).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silaturahmi dan membahas komitmen kerja sama dengan UIN Ar-Raniry terkait pengembangan Gampong Qur’ani di Kabupaten Bener Meriah, yang melibatkan penempatan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di kabupaten tersebut. 

Prof Dr Mujiburrahman MAg menyambut bahagia kunjungan ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang telah bersedia menerima dan memfasilitasi mahasiswa yang akan malakukan KPM mulai Selasa, 20 Februari 2024.  

“Minggu depan kita akan mengirim sebanyak 795 mahasiswa ke Kabupaten Bener Meriah untuk mengikuti kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat, mereka akan diserahkan pada hari Selasa, 20 Februari 2024,” ungkapnya

Lebih lanjut, Prof Mujib mengapresiasi program kerja Pj Bupati Bener Meriah dalam upaya meningkatkan literasi dan kegemaran membaca Al-Qur’an melalui Program Gampong Qur’ani bagi masyarakat di Kabupaten Bener Meriah.

“Kami mengutus sebanyak 61 hafiz di antara peserta yang akan melakukan pengabdian ini,” ujar Prof Mujib.

Prof Mujib juga menambahkan, dalam pilot project program Gampong Qur’ani, lima desa akan menjadi fokus utama, dengan penempatan empat orang hafiz di setiap kelompok KPM di masing-masing desa.

Sementara itu, Pj Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi berharap, dengan kehadiran mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

“Hari ini kita melihat keinginan masyarakat untuk bisa membaca Al-Qur’an, dan kita melihat pesantren terlampau banyak, namun implementasinya kurang. Oleh karena itu, perlu kita inisiasi program seperti ini agar masyarakat lancar dan gemar membaca Al-Qur’an” ungkap Haili.




Menurutnya, kolaborasi ini sangat penting dalam memotivasi masyarakat untuk lebih gemar membaca Al-Qur’an, terutama di bulan Ramadan. Kerjasama dengan UIN Ar-Raniry dinilai sebagai langkah yang tepat dalam membentuk Gampong Qur’ani di Kabupaten Bener Meriah.

“Kami pikir solusi kerja sama dengan UIN Ar-Raniry sangat tepat untuk membentuk Gampong Qur’ani di Kabupaten Bener Meriah. Semoga dengan adanya kegiatan pengabdian dari mahasiswa ini akan membuat masyarakat semakin gemar membaca Al-Qur’an,” pungkasnya.

Turut Hadir, Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf, Ketua Senat UIN Ar-Raniry Prof Dr Nazaruddin A Wahid, Dekan Psikologi Prof Dr Muslim, Dekan Sains dan Teknologi Dr Dirhamsyah, Kepala LP2M Dr Jasafat, Kepala P2M Dr Sri Suyanta, Konsultan LP2M Dr Iskandar Ibrahim, dan Ketua Prodi Ekonomi Syariah S2 Prof Dr Ridwan Nurdin. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top