lamurionline.com -- Aceh Besar- Indrapuri SMPN Ali Hasjmy yang sedang melaksanakan kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1445 H mulai tanggal 13-26 Maret 2024 hari ini kembali adakan kegiatan Mukammal Tasmi' Hafalan Al-Qur'an yang merupakan salah satu kegiatan jebolan yang mampu dilaksanakan oleh SMPN Ali Hasjmy yang ke-3 kalinya ditengah-tengah kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1445 H.

Sebagaimana kita ketahui bersama Al-Qur’an adalah inti dari agama salah satunya merupakan petunjuk bagi umat manusia. Menjaga dan menyebarkan isi dari kandungan Al-Qur’an juga sama dengan menegakkan agama. Karenanya sangat jelas keutamaan mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya, walaupun bentuknya berbeda-beda. Yang paling sempurna adalah mempelajarinya namun akan lebih sempurna lagi jika mampu menghafal, mengetahui maksud dan isi kandungannya.

Kegiatan Mukammal Tasmi' Hafalan Al-Qur'an yang ke-3 ini jauh berbeda dengan tahun lalu dimana pada tahun ini mukammal tasmi’ hafalan al-Qur’an sebanyak 3 juz yanga dilantunkan oleh siswa bernama Bilal Al-Farisi yang saat ini duduk dikelas akhir (IX/Sembilan) juga diikuti oleh sejumlah guru, karyawan, pegawai, staff TU dan seluruh siswa/i SMPN Ali Hasjmy dengan penuh khidmat. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 09:00 WIB s/d 12.00 WIB yang berlangsung di aula SMPN Ali Hasjmy.


Kegiatan jebolan tersebut sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh SMPN Ali Hasjmy selama kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1445 H sebagaimana yang dilansir pada acara Pembukaan Kegiatan Dinul Islam beberapa hari lalu (13/3/2024) oleh Kepala Sekolah (Fakhrudin., S.Ag., MA) yang juda didampingi oleh Koordinator Kegiatan Dinul Islam (Darwazi., S.Pd.I) dan juga Pengawas PAI SMPN Ali Hasjmy (Radhiah., S.Pd.I). Pada kegiatan pembukaan tersebut jelas, SMPN Ali Hasjmy melaksanakan kegiatan Dinul Islam Ramadhan 1445H ini lebih unik daripada tahun lalunya, dimana pada tahun ini kegiatan Dinul Islam rangkai dengan kegiatan praktek ibadah, pemberian materi tentang sejarah keislaman dan juga belajar baca Al-Qur'an yang dibagi ke dalam beberapa kelas seperti kelas Iqra', Tahsin dan Tahfiz.

Fakhruddin., S.Ag, MA., selaku Kepala Sekolah SMPN Ali Hasjmy tersebut menyampaikan "Alhamdulillah sungguh luar biasa, terus terang saya katakana saya sangat terharu dan terpukau dengan penampilan anak-anak kita pada hari ini dan kita tentunya baik guru maupun seluruh siswa lainnya banyak hal yang harus kita belajar dari anak-anak kita. 

Fakhruddin., S.Ag, MA selaku Kepala Sekolah SMPN Ali Hasjmy tersebut menyampaikan "Alhamdulillah sungguh luar biasa, terus terang saya katakan saya sangat terharu dan terpukau dengan penampilan anak kita Bilal Al-Farisi yang pada hari ini kita tentunya baik guru maupun seluruh siswa lainnya banyak hal yang harus kita belajar dari ananda Bilal. Hari ini sekolah kita telah mengukir prestasi dan sejarah baru dimana di penghujung kegiatan Dinul Islam ini ada siswa kita yang telah berhasil mukammal Tasmi' Al-Qur'an sebanyak 3 juz dan ini merupakan sungguh suatu prestasi sekolah yang sangat luar biasa.

Kalau kita lihat siswa kita ini masih duduk di bangku kelas IX, tapi hari ini di tengah-tengah program Dinul Islam yang sedang kita jalani sekarang siswa kita telah membuktikan diri mereka mampu menyelesaikan hafalan sebanyak 3 juz dari Al-Qur'an terlebihnya dalam bulan suci Ramadhan. Ini tentunya suatu jebolan kegiatan yang luar biasa yang sangat positif saya rasa dan sangat memberi dampak yang begitu signifikan untuk sekolah kita kedepan dan ini juga menjadi salah satu ICON sekolah kita sebagaimana sekolah kita merupakan sekolah SPT. (pungkasnya)


Dalam kesempatan lain Darwazi, S.Pd.I selaku koordinator kegiatan Dinul Islam menyampaikan bahwa salah satu tips supaya hafalan kita tidak lupa adalah dengan meningkatkan ibadah kita, kemudian hafalan tersebut diulang-ulang baik dimana saja kita berada contohnya ketika dalam shalat. Coba hari ini kalian mulai bermimpi agar seperti Bilal dan teman-temannya yang lain yang hari ini merupakan mukammal ke-3 kita dengan harapan nantinya pada mukammal ke-4 kalian bisa seperti Bilal.

Siapapun yang mampu menghafal Al-Qur'an semua orang tua tentunya pasti bahagia dan kalian anak-anak sekalian harus iri positif terhadap Bilal. Sebagaimana kita ketahui Bilal hari ini telah membuat kita semua terpukau dan terharu terlebih lagi ini di bulan suci Ramadhan, sungguh mashaAllah pahala yang Allah berikan tentunya.(ujar putra berdarah Aceh Besar tsb)

Sebagai apresiasi/reward terhadap apa yang telah dicapai oleh Bilal Al Farisi sampai saat ini, pihak sekolah akan memberikan beberapa penghargaan kepadanya serta juga kepada beberapa siswa lainnya yang tingkat kehadirannya 100% selama kegiatan Dinul Islam ini (tidak pernah absen) yang diberikan dipenghujung acara kegiatan Dinul Islam pada 26 Maret 2024 nantinya. Disamping itu, kiranya ini patut kita teladani bersama dan ini sungguh luar biasa dimana sekolah berbasis negeri mampu menjalankan kegiatan jebolan yang sangat penuh inspiratif ini.(MZS/Cek Man) 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top