LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Pemerintahan Gampong Tanjong dan masyarakat setempat melakukan peusijuk sekaligus pelepasan empat Jamaah Calon Haji (JCH) Gampong Tanjong Tahu 1445 H-2024 M, yang dipusatkan di Masjid Assajidin Komplek Dolog Tanjong, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (24/5/224) malam.

Prosesi peusijuk dilakukan oleh Imam Besar Masjid Assajidin Komplek Dolog Tanjong, Prof Dr Drs Tgk H Muchsin Nya' Umar SH MA, yang digagas dan disaksikan aparatur Pemerintahan gampong dan masyarakat setempat.

Dalam Kesempatan tersebut Keuchik Gampong Tanjong, Akmalul Hakim SPdI mengucapkan selamat kepada 4 Jamaah Calon Haji (JCH) gampong Tanjong yang dalam tahun ini telah mendapatkan panggilan Allah untuk melaksanakan Ibadah ke tanah suci. "Ini suatu kemulian Allah dan sebuah kesempatan yang tidak semua orang memilikinya, sebab tidak semua dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadah di tanah suci, Untuk itu manfaatkanlah kesempatan yang Allah berikan ini dengan sebaik-baiknya, paling kurang dengan Khatam Al-quran, jaga kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna," ujar Keuchik Akmal

"Sempurnakan niat, agar diberi kekuatan dan kesehatan oleh Allah untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah rukun haji dengan sempurna dan insya Allah nantinya akan kembali ke tanah air dengan selamat dengan memperoleh predikat haji yang mabrur dan mabrurah," harapnya. 

"Alhamdulillah. Tahun ini ada empat warga kita yang mendapatkan panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah haji. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi warga Gampong Tanjong yang terpanggil untuk menjadi tamu Allah di tanah suci. Mohon doakan kami dan seluruh masyarakat Tanjong juga, semoga bisa mengiringi langkah sehingga mendapat panggilan Allah untuk berhaji," ucap Akmalul Hakim saat sambutan pelepasan JCH. 

Ia mengingatkan JCH warganya agar selalu patuh dan sabar, ikuti dan dengarkan setiap arahan petugas dan pembimbing jamaah baik dari Kementerian Agama maupun dari TPHD. "Jaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, karena Haji merupakan ibadah perjalanan fisik, maka jaga kesehatan supaya bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan sempurna dan sehingga mendapat predikat haji mabrur dan mabrurah," imbuhnya

"Mohon doakan kami masyarakat Gampong Tanjong supaya dimudahkan dalam menjalankan segala urusan dan amanah yang diberikan kepada kami. Doakan pula generasi di gampong kita menjadi generasi penerus yang sukses, taat dan bertaqwa, titip dan sampaikan salam rindu kami kepada Rasulullah," harapnya.






Dalam kesempatan tersebut Keuchik Gampong Tanjong juga menyerahkan Souvernir atau bungong jaroe kepada empat Jamaah Calon Haji (JCH). 

Seorang JCH Kampong Tanjong merasa bahagia karena warga setempat ikut hadir memuliakan hamba Allah yang akan berangkat ke tanah suci.

"Ini sungguh kemulian bagi kami," ucapnya saat menyampaikan sambutan mewakili JCH Kampong Tanjong.

Sebelum berangkat, dirinya memohon dimaafkan segala kesalahan, supaya dapat menjalankan ibadah haji tanpa ada kesalahan yang tertinggal di lingkungan masyarakat, sehingga jemaah tenang dalam ibadah haji. 

"Saat pergi, mohon lihat rumah kami, walau hanya sekilas saat melintas. Terima kasih atas kehadirannya. Ini sangat mulia bagi kami dan prosesi peusijuk menjadi doa bagi kami. Insyaallah di tanah suci kami akan doakan semoga masyarakat Kampong Tanjong bisa melangkah ke baitullah kelak," doanya.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top