lamurionline.com -- Singkil - Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Aceh Singkil gelar Rapat Kerja Daerah ke 2 Tahun 2024, di dalam rakerda tersebut hasilkan puluhan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini.

Program tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sertifikasi Tanah Wakaf Masjid 

2. Melakukan pembinaan lembaga Amil Zakat 

3. Gerakan sholat Shubuh Berjamaah di Masjid

4. Menjalin kerjasama dengan Majelis Taklim 

5. Program air bersih masjid

6. Pemberdayaan ekonomi masjid 

7. Melakukan kajian di masjid

8. Program tahsin Al-quran untuk Masjid

9. Program kampanye Bersih-bersih Masjid 

10. Program pelatihan imam dan khatib masjid 

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan rakerda itu di Aula PLHUT Kemenag Aceh Singkil dan langsung dibuka secara resmi oleh PJ Bupati Aceh Singkil yang diwakili Assisten 2 Setdakab Aceh Singkil, Rabu 15/05/2024.

Hadir dalam Pembukaan Rapat Kerja Daerah DMI Aceh Singkil ke 2 itu, Ketua MPU Aceh Singkil, Kepala Kankemenag Aceh Singkil, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Aceh Singkil, Ketua Dewan Pakar DMI  beserta Anggota dan pengurus DMI Aceh Singkil.

Tema yang diangkat dalam rapat kerja itu adalan Optimalisasi Peran DMI Aceh Singkil dalam mewujudkan Kemakmuran Masjid Aceh Singkil.

Dalam Sambutannya Ketua Umum DMI Aceh Singkil yang diWakili oleh Wakil Ketua Mustafa Naibaho menyampaikan bahwa tujuan rapat kerja ke 2 ini adalah sebagai bahan untuk mengevaluasi internal kegiatan DMI yang dilaksanakan selama satu tahun yang lalu.

Kemudian selain itu juga sebagai ajang silaturahmi sesama pengurus DMI Aceh Singkil untuk mendiskusikan kemajuan demi kemakmuran Masjid di Aceh Singkil ujarnya.

Lanjut Mustafa dengan rakerda ke 2 ini juga diharapkan dapat mempertajam program DMI yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini yang berdampak terhadap kemakmuran masjid.

Sementara dalam arahan dan bimbingannya PJ Bupati Aceh Singkil yang diwakili oleh Assisten 2 Setdakab yaitu Faisal, S.Pd mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Aceh Singkil sangat mendukung program-program DMI yang telah di laksanakan tahun lalu.

Sebab program tersebut sangat membantu Daerah dalam rangka untuk memakmurkan Masjid yang ada di Kabupaten Aceh Singkil.

Faisal juga mengharapkan melalui rapat kerja DMI ke 2 tahun 2024 ini sebagai pijakan Strategis untuk memperkuat sinergi dalam upaya memakmurkan dan memberdayakan masjid sebagai pusat pembinaan ummat.

PJ Bupati Aceh Singkil juga mengapresiasi Organisasi DMI Aceh Singkil yang selama ini telah aktif membina dan mewadahi masjid -masjid yang ada di Kabupaten Aceh Singkil.

Pada kegiatan Rakerda ke 2 itu para peserta mendapat penyampaian materi tentang Optimalisasi fungsi masjid dalam rangka pembinaan ummat yang disampaikan oleh H. Azhar, S.Ag.,MA Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bahan pembersih lantai masjid kepada pengurus BKM yang langsung diserahkan oleh bapak Assisten 2 Setdakab Aceh Singkil. (Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top