Moehammadyah Husen atau yang akrap di sapa Medya Hus, sang seniman yang dikenal lewat karangan dan karyanya dalam buku dikee-dikee Aceh akan tampil dan membuka stand pada Piasan Seni Banda Aceh 2012 yang akan digelar mulai tanggal 28 November s/d 02 Desember 2012 di Taman Sari Banda Aceh. 

Medya Hus yang juga aktif membawakan syair-syair (Ca'e) Aceh di salah satu stasiun televesi local Aceh saat dikonfirmasi Redaksi Lamuri menyatakan pada Piasan Seni kali ini beliau akan memamerkan beberapa koleksi buku-buku d i ke e d a n sya i r Ac e h ya n g p e r n a h dikarangnya baik yang telah dibawakan oleh penyanyi-penyanyi Aceh ataupun buku-buku dikee koleksinya termasuk syair yang terbaru. Pengunjung stand nantinya juga akan dimanjakan dengan syair-syair Aceh populer yang dibawakan langsung oleh Medya Hus. “Dikee dan Syair Aceh sebagai bagian dari akar seni budaya Aceh turut memberikan andil bagi perkembangan seni di ranah Aceh, imbuh Medya. 

Selain memamerkan koleksikoleksi dikee dalam bentuk format disc dan buku, juga tersedia syair seumapa yang sekarang semakin langka di Aceh. “Piasan Seni Banda Aceh 2012 ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Visit Aceh 2013 dengan tujuan untuk mempromokan berbagai ragam seni dan budaya di Aceh termasuk seni dikee dan seumapa”kata ayah dari 4 orang anak ini. “Ini juga untuk menarik minat para wisatawan untuk datang ke Aceh dan Banda Aceh khususnya” 

Hasil karya lainnya yang akan dipamerkan di stand Medya Hus antara lain keuneubah Ulama yang dihimpun kembali dan dialihaksarakan, seperti Sifeut Dua Ploh,Hikayat-Wafeut Nabi, Nazam Lam Yah Talim, Syair Tanda Kiamat, Nazam Malaikat Siploh, dan banyak lagi lainnya tambah pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua I Dewan Kesenian Aceh -Besar, dan Ketua MAA Kecamatan Blang Bintang. Piasan Seni Banda Aceh 2012 yang pertama kali digelar ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan seni Musik, Sastra, Teater, Lukis dan Tari yang semuanya akan diisi oleh seniman-seniman local Aceh dan rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Aceh Dr. Zaini Abdullah. (Red)
SHARE :
 
Top