Lamurionline.com SUBULUSSALAM adalah kota pemekaran dari Kabupaten Singkil yang terbentuk pada 2 Januari 2007. Kota dengan luas wilayah 1.391 kilometer persegi ini terdiri dari lima kecamatan: Kecamatan Longkip, Penanggalan, Rundeng, Simpang Kiri, dan Sultan Daulat.
Secara geografis Subulussalam berbatasan langsung dengan Sumatera Utara di lintas barat-selatan.  Sebelah utara, kota ini berbatasan dengan Aceh Tenggara dan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Di bagian selatan, Subulussalam berbatasan dengan Singkil, di sisi barat dengan Aceh Selatan, dan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara di sisi timur.
Jika menempuh jalan darat  dari Sumatera Utara, Subulussalam dapat dicapai dengan menempuh jalan melewati kota dingin Berastagi.  Di beberapa titik, sebelum tiba di Subulussalam kenderaaan melintasi kawasan hutan di areal perbukitan. Jika perjalanan ditempuh saat kondisi hujan, maka bersiap-siaplah pandangan terhalang kabut tebal.
Sejak berdiri pada 2 Januari 2007 lalu, kota ini belum memiliki jumlah polisi yang memadai. Jika di kota lain markas kepolisian berstatus Kepolisian Resor (Polres), hingga markas kepolisian tertinggi di Subulussalam masih berstatus Mapolsek (setara dengan kecamatan) yang tunduk ke Polres Aceh Singkil. Kabar terakhir, Polres Subulussalam masih dalam tahap persiapan. [ Sumber : ATJEHPOSTcom]
SHARE :
 
Top