Lamurionline.com--Aceh Tengah – Jam 10.10 WIB pagi tadi, Selasa (9/7/2013, Presiden SBY dan Ibu Ani beserta rombongan tiba di tanah Gayo untuk mengunjungi korba gempa di tenda pengungsian di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah.
Dalam rombongan SBY, terlihat sejumlah pejabat lain diantaranya Menko Kesra Agung Laksono, Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi.
Begitu Presiden SBY beserta rombongan tiba di lokasi pengungsian, suasana haru langsung menyelimuti para pengungsi. Seorang wanita paruh baya spontan bangkit dan menyalami orang nomor satu di Indonesia itu sambil menitikkan air matanya.
Saat berbincang dengan para pengungsi, SBY berjanji pemerintah akan memikirkan semua kebutuhan pengungsi, begitu juga dengan sarana ibadah dan pendidikan yang hancur akibat gempa.
“Dalam hal ini Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Tengah dan tentunya kita semua akan berupaya keras agar penderitaan korban gempa dapat ditanggulangi segera. Saya minta korban bersabar selagi pemerintah bekerja,” ucap SBY.
Di setiap tenda yang dikunjungi rombongan, Ibu Ani meyerahkan tas isi paket bantuan dari presiden RI. Setengah jam di sana, SBY dan rombongan meninggalkan lokasi.
Suasana Meugang di Tenda Pengungsian
Suasana meugang di kamp pengungsi di Kecamatan Ketol ini terlihat seadanya. Beberapa posko membeli daging sapi dan memasak bersama dengan pengungsi.
M Ali (42) warga Gampong Kuta Panang menuturkan, sama seperti daerah lain di Aceh, di tanah Gayo selalu ada tradisi meugang. “Setau saya Pemkab sudah memberi bantuan sapi potong untuk tiap kecamatan yang terkena bencana, namun sampai dengan siang ini, kami sekeluarga belum mendapatkannya,” ungkapnya. (zamroe) Sumber : Aceh Link.
SHARE :
 
Top