Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (7) 

New Era College 
Institusi pendidikan yang bermarkas di Kajang, Malaysia ini adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang di danai oleh masyarakat setempat. Lahan untuk mendirikan kampus pertama s e k a l i a d a l a h h a s i l d o n a s i d a r i perkumpulan orang China di Kajang. Mereka menghibahkan sekitar 8.5 hektar tanah kepada Komite Sekolah China dan Asosiasi Guru Sekolah (The Chinese School Committees and School Teachers Associations) sekitar tahun 1974. S e m a n g a t u n t u k m e n d i r i k a n perguruan tinggi untuk masyarakat setempat ini akhirnya membuahkan hasil. Setelah proses yang panjang, kampus ini pun diresmikan oleh Malaysian Education Ministry pada 28 May 1997. 

 Apa yang membedakan New Era College dengan institusi pendidikan l a i n n y a ? Ya n g p e r t a m a s e k a l i , sebagaimana disebutkan di atas, adalah didanai oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Selain itu juga berkomitmen untuk menjaga keharmonisan budaya yang beragam yang ada di Malaysia. Yang menarik adalah adanya konsep cinta (loving) dan peduli (caring). Hal tersebut ditekankan oleh Soong, perintis New Era College, pada awal tahun akademis 2002 dalam pidatonya yang berjudul Founded by the Community For the Community (Di dirikan oleh masyarakat untuk masyarakat), bahwa cinta dan peduli sangat penting untuk seluruh masyarakat. New Era College juga mempunyai visi dan misi yang unik. Visinya adalah to be a world-class community-run tertiary educational institution (menjadi institusi pendidikan tinggi masyarakat kelas dunia) Sedangkan misinya adalah to nurture holistic, cultured, competent professional leaders who lead socially re s p o n s i b l e l i v e s ( m e n c i p t a k a n pemimpin-pemimpin professional yang mumpuni, berbudaya dan kompeten u n t u k k e h i d u p a n s o s i a l y a n g bertanggung jawab). A d a p u n k r e d o d a r i i n s t i t u s i pendidikan ini adalah Duoyuan Kaifang ( P r o m o t e M u l t i l i n g u a l i s m , menggalakkan multi-bahasa) dan mottonya adalah Chengren Chengcai (Be Successful Person, menjadi orang yang sukses) (Soong, 2005, h. 18-19).

Selanjutnya logo dari New Era College berbentuk tiga bendera yang terbang tinggi dengan latar huruf N. Bendera tersebut melambangkan sikap proaktif, berwawasan maju, optimistik, dan berpikiran terbuka. Adapun warna k u n i n g , m e r a h d a n b i r u c e r a h melambangkan keberagaman dan s e m a n g a t d e m o k r a t i s . H a l i n i menggambarkan kehidupan di Malaysia yang terdiri dari mayoritas suku Melayu, China dan India. Dan latar belakang huruf N yang berbentuk abstrak merupakan singkatan dari New Era (Era Baru), yaitu masa depan yang lebih baik. Nah, apakah kita tertarik untuk m e m b e n t u k l e m b a g a - l e m b a g a pendidikan sendiri di masyarakat setempat? Dengan komitmen bersama seperti yang ditunjukkan oleh New Era College ini maka masalah finansial dan ketergantungan kepada pemerintah akan berkurang. Bahkan kita bisa menerapkan kurikulum pendidikan sendiri sesuai dengan kebutuhan lokal dan bakat-minat anak-anak daerah setempat. 

Bibliography: 
-Soong, K. K. (2005). New Era education: Speeches and writing 1995-2005. Selangor, Malaysia: New Era College and S t r a t e g i c I n f o r m a t i o n R e s e a r c h Development (SIRD). 

-New Era College, retrieved July 18, 2013 from http://www.newera.edu.my/index.php. 

Malaysia, July 18/12:45 a.m. © Akhi 2013
SHARE :
 
Top