Lamurionline.com--BANDA ACEH - Asisten Kota Mandiri (Askot) PNPM-Mandiri Perkotaan OC-1 KMW Aceh Taufiqqurrahman mengatakan bahwa pada tahun 2013 pihaknya telah mengalokasikan dana senilai Rp1,4 miliar dalam bentuk Bantuan langsung masyarakat (BLM) di Kecamatan Krueng Barona Jaya.

"Alokasi dana ini dimaksudkan untuk penataan infrastruktur permukiman yang ada di kantong-kantong kemiskinan di wilayah Krueng Barona Jaya," katanya kepada Waspada Online hari ini.

Ia menerangkan, dana senilai Rp1,4 miliar tersebut bersumber dari APBN sebesar Rp1,37 miliar, dan APBK Aceh Besar senilai Rp72,5 juta.

"Untuk tahap pertama sudah dicairkan sebesar Rp870 juta untuk 12 gampong di kecamatan ini," ujarnya.

Peruntukan BLM tersebut, tambahnya dipergunakan untuk pembangunan sarana jalan desa, fasilitas air bersih, dan saluran drainase. "Seluruh kegiatan fisik BLM ini telah berdampak langsung terhadap ekonomi masyarakat, hal ini dikarenakan program ini menyerap 313 tenaga kerja dari masyarakat setempat," ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya, untuk tahap II kegiatan BLM sedang dalam proses pencairan senilai Rp507,5 juta yang juga bersumber dari APBN untuk 12 gampong dikecamatan yang sama.

"seluruh program PNPM yang dilaksanakan di wilayah ini juga berfungsi sebagai tempat belajar dan latihan secara langsung bagi warga miskin dalam bidang pertukangan, dan warga juga secara langsung mendapatkan upah," tukasnya.

Sumber: waspada online
SHARE :
 
Top