Mo d e l - M o d e l P e n d i d i k a n Alternatif di Berbagai Negara (8) 

Sudbury Valley School Sudbury Valley School (SVS)
adalah sebuah sekolah swasta untuk pelajar umur 4 sampai 19 tahun yang digagas oleh Daniel Greenberg dan Hanna Greenberg. Di dirikan pada tahun 1968 di Framingham, Massachusetts, Amerika Serikat. Sekarang ada lebih dari 35 sekolah dengan model ini di Amerika, Denmark, Israel, Jepang, Belanda, Belgia, dan Jerman. Sekolah ini mempunyai 3 prinsip dasar, yaitu educational freedom (kebebasan pendidikan), democratic governance (pemerintahan demokratis) dan personal responsibility (tanggungjawab pribadi). Belajar di SVS sebagaimana Daniel Greenberg gambarkan dalam Democratic to the Core: Life in Sudbury Valley School, tidak mengenal kelas atau kurikulum standar sebagaimana sekolah biasa. Pelajar di sekolah ini secara mandiri menentukan apa yang akan dilakukan dengan waktunya, belajar sesuai kemauannya, dan berinteraksi dengan yang lainnya. Para pelajar bebas mengeksplor pelajaran apapun atau bertanya kepada anggota staff tentang ketertarikan mereka dalam proses belajar (Mintz, Solomon & Solomon, 1994). 

Fasilitas dan kurikulum di sekolah ini juga agak berbeda. Perabotan-perabotan sekolah hampir sama dengan yang ada di rumah, berupa kursi yang nyaman, sofa, dan buku-buku sepanjang dinding kelas. Dari segi akademik, tidak ada aktifitas akademik wajib dan tidak ada ekspektasi apa-apa kapan seorang anak harus menyelesaikan waktunya di sekolah. Mereka bebas menghabiskan waktunya sesuai keinginan. Menurut Peter Grey, konsep SVS seperti dipaparkan di atas sangat berbeda dengan sekolah-sekolah Montessori atau Dewey atau konstruktivisnya Piaget. Untuk memahaminya kita harus memulai dari pikiran (mindset) berupa, “adults do not control children's education; children educate themselves” (orang dewasa tidak mengontrol pendidikan anak-anaknya; anak-anaklah yang mengajari dirinya sendiri). Berikut adalah beberapa fakta tentang bagaimana sekolah ini berjalan: 

Sekolah Beroperasi Sebagai Partisipatori Demokratis 
SVS merupakan sekolah komunitas pertama yang melibatkan siswa dan staff dalam tanggungj a w a b y a n g sama melalui s y s t e m pemerintahan demokratis. Badan administrative utama di SVS adalah School Meeting, yang terdiri dari seluruh siswa dan anggota staff. Badan ini mengadakan pertemuan sekali d a l a m s e m i n g g u s e r t a b e r t u g a s m e n c i p t a k a n p e r a t u r a n s e k o l a h (bekerjasama dengan Judicial Committee), mengambil keputusan, membentuk panitia kelancaran operasional sekolah, merekrut dan memecat anggota staff. Siswa usia 4 t a h u n d i S V S mempunyai hak voting yang sama dengan siswa yang l e b i h t u a a t a u a n g g o t a s t a f f l a i n n y a d a l a m s e l u r u h p r o s e s tersebut di atas. 

Sekolah Tidak Mengintervensi Kegiatan Siswa 
Para siswa di SVS bebas, sepanjang hari, setiap hari, untuk melakukan apa yang mereka mau selama tidak melanggar peraturan-peraturan sekolah. Diantara peraturan tersebut adalah: Anggota sekolah TIDAK BOLEH membuat keributan terutama di ruangan bertanda “Quite Rooms,” menyalahgunakan peralatan atau tidak meletakkannya kembali ke tempat semula, merusak fasilitas sekolah, menggunakan obat-obatan terlarang, atau mengganggu orang lain. Bagi yang melanggar maka akan dihadapkan ke pengadilan Judicial Committee untuk disidang dan dihukum. Peraturan-peraturan sekolah tersebut tidak ada yang berhubungan dengan pembelajaran. Sekolah tidak memberikan t e s a p a - a p a , t i d a k a d a e v a l u a s i perkembangan siswa, tidak ada kurikulum dan tidak ada usaha untuk memotivasi siswa dalam belajar. Pelajaran hanya akan diadakan ketika siswa berinisiatif untuk mengelolanya sendiri, dan berlangsung sampai mereka bosan. Anggota staff di sekolah tidak menganggap diri mereka sebagai guru, melainkan sebagai anggota komunitas yang menyediakan berbagai macam bantuan termasuk mengajar, menjawab pertanyaan dan memberikan ide-ide dalam konteks percakapan yang sebenarnya dengan para siswa. 

Sekolah Merupakan Lingkungan yang Kaya akan Permainan, Eksplorasi dan Pembelajaran 
Belajar di SVS secara garis besar adalah insidental. Hal ini terjadi sebagai efek samping dari kemauan siswa untuk bermain dan bereksplorasi. Sekolah menyediakan ruang dan waktu untuk aktivitas tersebut. Ada computer, dapur lengkap dengan peralatannya, toko kerajinan kayu, ruang seni, peralatan bermain, games dan buku-buku yang banyak. Mereka juga mempunyai akses ke kolam, lapangan, dan hutan terdekat untuk bermain di luar. Bagi mereka yang menginginkan peralatan khusus lainnya, boleh mengusulkan pada School Meeting untuk membelinya, atau mengumpulkan dana sendiri untuk membeli dengan cara jualan kue di sekolah, dan sebagainya. Sumber daya utama di sekolah bagi kebanyakan siswa adalah siswa lainnya yang mempunyai berbagai macam ketertarikan dan kemampuan. Karena bercampurnya usia siswa, maka siswa yang l e b i h k e c i l b i s a belajar dari siswa yang lebih besar, t e r u t a m a d a l a m proses mengenal h u r u f s a m b i l bermain games di computer. Bahkan dengan metode ini mereka telah belajar membaca tanpa menyadari proses yang mereka lakukan tersebut. Bagi mereka yang ingin melanjutkan study diplomanya, SVS menawarkan wisuda sesuai dengan prosedur, yang terbuka untuk semua, terutama bagi yang telah belajar selama 3 tahun. Banyak a l u m n i S V S t e l a h m e m i l i h u n t u k melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun banyak juga yang langsung masuk dunia bisnis, dagang, seni, kerajinan tangan, dan keahlian khusus lainnya. 

Bibliography: 
- Mintz, J., Solomon, R., Solomon, S. (1994). The Handbook of alternative education. New York: 
  Macmillan Reference. 
- Sudbury Valley School, The Cutting Edge School for Independent Children, retrieved September 7, 
  2013 from http://www.sudburyvalley.org. 
- Peter Gray (August 13, 2008), Children Educate Themselves IV: Lessons from Sudbury Valley, 
  retrieved September 7, 2 0 1 3 f r o m http://www.psychologytoday.com/blog/f reedom-learn/200808
  /children-educatethemselves- iv-lessons-sudbury-valley. 
- Sudbury Valley School (Modified on August 8, 2013), retrieved September 7, 2 0 1 3 f r o m 
  http://en.wikipedia.org/wiki/Sudbury_V alley_School. 

Malaysia, 12:00 a.m., September 7th, Akhi © 2013
SHARE :
 
Top