Lamurionline.com--Sebanyak 16 Universitas dari Negara Taiwan mempromosikan beasiswa kepada generasi muda Aceh, kegiatan itu berlangsung (3/10) di Auditorium Prof Ali Hasjmy IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rektor IAIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA usai Open Ceremony Pameran Pendidikan Tinggi Taiwan mengatakan, program ini sangat bermanfaat bagi generasi muda Aceh, khususnya mahasiswa dan alumni IAIN yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Ini peluang besar bagi yang berminat melanjutkan kuliah, ada 16 kampus yang ikut dalam pameran pendidikan tinggi ini, serta dilibatkan dua penyelenggara beasiswa dibawah pemerintah Taiwan,” ujar Farid.

Dia menambahkan, ke depan diharapkan lebih banyak alumni IAIN Ar-Raniry yang melanjutkan kuliah ke Taiwan, “ selama ini sudah ada alumni kita yang kuliah di Taiwan, beasiswa jalur pemerintah Aceh, dengan adanya promosi ini kiranya akan lebih mudah dan dapat difasilitasi langsung ke kampus-kampus di Taiwan”.

Menurut Rektor, ke depan IAIN Ar-Raniry akan menjadi UIN, tentunya akan banyak dibutuhkan tenaga pengajar, terutama pada fakultas yang akan dibuka baru nantinya.
Koordinator Acara Dr. Bukhari Daud, M.Ed mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama LPSDM Aceh, IAIN Ar-Raniry, Kementerian Pendidkan Taiwan dan Elite Study In Taiwan (ESIT).

“Dengan adanya kegiatan Expo atau pameran pendidikan dari Taiwan ini, kita berharap anak-anak Aceh memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melanjutkan studinya di Taiwan, kita berharap adanya dukungan-dukungan baik dari pihak pemerintah, kampus-kampus di Aceh dan Pemerintah Taiwan,” kata Bukhari.

Ditambahkan, pada pameran pendidikan ini ada empat macam beasiswa yang ditawarkan, beasiswa pemerintah Taiwan, beasiswa ICDF, beasiswa Universitas Taiwan dan beasiswa Pemerintah Aceh.
“Pemerintah terus berupaya untuk mempromosikan beasiswa kepada anak-anak Aceh, beberapa universitas dari Negara lain juga telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Aceh, diupayakan kesempatan kuliah bagi generasi muda Aceh terus bertambah,” katanya.

Bukhari menambahkan, bagi yang berminat dapat berkonsultasi langsung dengan universitas langsung, yang memberikan informasi di stand-stand itu langsung utusan dari masing-masing universitas, dan beberapa universitas hadir juga pimpinannya.

Disebutkan, kampus-kampus yang ikut dalam pameran ini antara lain, Taipei Medical University, National Sun Yat-Sen University, Chienkuo Technology University, MingDoa University, National Chung Hsing University, NanHua University, National Dong Hwa University, National Chiao Tung University, Yen Ze University, National Yunlin University of Sain and Technology, National Taiwan Ocean University, National Yang-Ming University, Chaoyang University of Technology, Chung Yan Cristian University, dan National Taipe University of Nursing and Health Science. [Nat Riwat/y]
Wakil Koordinator: Dr Suraiya IT, MA [08126999718] http://aceh.kemenag.go.id
SHARE :
 
Top