Lamurionline.com--Kloter 3 dan 4, sudah ke Makkah. Kloter 5 sedang di udara. Namun ini penggalan berita untuk Kloter 6, masuk ‘Ahbana’ siang ini. Sebanyak 341 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Aceh Utara yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) Enam sudah menuju Asrama Haji Banda Aceh (Ahbana), diperkirakan Jum’at (04/09/2013) sekitar pukul 14.00 WIB akan sampai di Ahbana. Pada Sabtu siang, mereka dijadwalkan berangkat via Bandar Udara Sulthan Iskandar Muda, Banda Aceh.

Karena jumlah JCh terbanyak dalam Kloter6 ini, asal Acut (Aceh Utara), maka Cek Mad (sapaan buat Muhammad Thaib, Bupati Acut), atas nama Gubernur Aceh akan melepaskannya, Sabtu pagi.

Selama di Asrama, Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPHI) akan menyelesaikan administrasi JCH yang akan berangkat. Muhammad Yakub Yahya, M.Ag, anggota Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Banda Aceh menyampaikan tentang proses penerimaan jamaah di Asrama Haji Banda Aceh. “Saat sampai di Asrama Haji, JCH menyerahkan Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA), kemudian dilakukan pemeriksaan barang bawaan oleh petugas bea cukai dan security Bandara, penimbangan barang oleh security Garuda, serta dilakukan labeling bagasi,” papar Ustadz Yakub.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap JCH, dilanjutkan dengan pembagian dan pemasangan gelang, penempatanJCH ke kamar dan tempat tidur, tapi JCH tidak boleh beristirahat dulu karena masih banyak agenda kegiatan yang harus dilaksanakan,” lanjut beliau.

“Selanjutnya petugas melakukan pembagian living cost, passport, serta pembagian card baitul asyi. Selain itu JCH juga mendapatkan bimbingan tentang haji, Imigrasi dan dokumen – dokumen, karu dan karom serta pelepasan JCH,” tutup ustadz Yakub yang akrab disapa ‘Abuya’ saat mengikuti Diklat Kehumasan di BDK Medan beberapa waktu yang lalu.

Besok JCH Asal Aceh Utara akan diberangkatkan bersama dengan JCH Asal Kabupaten Bener Meriah yang berjumlah 49 Orang dan JCH Asal Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 45 Orang beserta 5 Orang Petugas Haji. Rombongan bakal take-off pada pukul 13.40 WIB mengunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan (Flight Number) GA 2106.

Kepulangan Kloter 6 dijadwalkan pada tanggal 14 November 2013 pukul 11.13 Waktu Arab Saudi dari Jeddah dan Insya Allah tiba di Tanah Air Tanggal 14 November 2013 pada pukul 22.58 WIB. Selama di Mekkah JCH Kloter 6 akan berpondok di Makhtab 01 Wilayah Mahbasjin Rumah Nomor 105. (fahmi/y) http://aceh.kemenag.go.id
SHARE :
 
Top