Lamurionline.com-- Aceh Tengah, Dua masjid di antara masjid-masjid yang hancur terhentak gempa 2 Juli 2013 lalu di Aceh Tengah dan segera dibangun kembali setelah pada hari Ahad, 27 Oktober 2013 dilakukan peletakan batu pertama oleh Gubernur Aceh yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs. H. Dermawan, MM.

Kepala kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Tengah, Drs.H.Hamdan,MA melalui telepon seluler mengkabarkan bahwa rombongan yang turut dalam rombongan Sekda di Tanoh Gayo itu antara lain Ketua Bappeda Aceh, Kadis Syariat Islam, Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Kepala Badan Dayah, dan Asisten III Pemerintahan Aceh.

Adapun kedua masjid tersebut adalah Masjid Baitul Marhamah yang terletak di Kampung Mah Bahgie Kecamatan Bebesen dan Mesjid Al-Muslim Kampung Dedingin Kecamatan Kute Panang. Dana pembangunan kedua masjid tersebut berasal dari sumbangan para abdi negara atau pegawai negeri sipil (PNS) pemerintahan Aceh.

Dikabarkan juga bahwa dana yang terkumpul dari sumbangan para PNS Pemda Aceh itu hampir mencapai  1,5 Milyar dan dialokasikan untuk membantu pembangunan 3 (tiga) masjid; dua masjid di Aceh Tengah dan satu masjid di Bener Meriah. “Untuk acara peletakan batu pertama pembangunan masjid di Bener Meriah diagendakan besok (Senin),” kata Pak Hamdan melalui handphone-nya.

Masih menurut Kakankemenag, bahwa Sekda Aceh Drs. H. Dermawan, MM yang baru dilantik belum lama inil (9/10), pada kesempatan itu mengharapkan agar masjid-masjid yang dibangun itu nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat (umat Islam), terutama sekali dalam hal kemakmurannya. Baik dalam pelaksanaan shalat berjamaan maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Terkait dengan kekurangan dana pembangunan selanjutnya, diharapkan juga partisipasi masyarakat secara swadaya disamping juga diharapkan bantuan dari pemerintah. Sekda juga berjanji, melalalui pemerintah Aceh juga akan mengupayakan bantuan untuk pembangunan masjid itu.

Turut dalam acara peletakan batu pertama pembangunan kedua masjid di Kecamatan Bebesen dan Kute Panang itu jajaran Pemkab Aceh Tengah, termasuk dari Kankemenag Aceh Tengah. Bupati Ir. H. Nasaruddin, MM juga ikut melakukan peletakan batu pertama pembangunan kedua masjid tersebut. (Mahbub Fauzie Chusain/yhttp://aceh.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=162807
SHARE :
 
Top