Lamurionline.com--Bireuen - Dalam rangka memerihkan HUT Ke 14 Darma Wanita, Kabupaten Bireuen menggelar acara Menghias Beuleukat yang  berlangsung di Pendopo bupati Bupati, Kamis 21/11/2013.

Keluar sebagai juara pertama menghias beuleukat (ketan) untuk acara peusijuek (tepung tawar) dalam adat Aceh, yaitu Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Bireuen, Sementara itu peringkat kedua diraih Dinas Kelautan dan Perikanan serta juara ketiga direbut oleh  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen. Kepada para juara panitia, memberikan hadiah dan penghargaan. Juara pertama akan mewakili Bireuen pada ajang tingkat provinsi.

Ketua panitia Deviana Zulkifli istri Sekda Bireuen , kepada Wartawan disela-sela acara tersebut mengatakan, tujuan diperlombakan cara menghias beulukat tersebut, agar budaya atau tradisi menghias beulukat tersebut dapat dilestarikan dan diterapkan dalam masyarakat. Karena menghias beulukat itu merupakan budaya indatu yang wajib dilestarikan.

“Kami  berharap kepada kaum ibu supaya bisa menghias beulukat, dikarnakan menghias beulukat itu merupakan potensi atau adat Aceh yang harus dilestarikan,” unjar Deviana Ketua Dharma Wanita Bireuen yang didampingi oleh ibu-ibu PKK Bireuen . (Yudi WBC)
SHARE :
 
Top