ads1

Oleh : Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed


Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (18) 
Central Park East Schools (Bagian Kesepuluh) 

Partisipasi Orang Tua Murid 

Sekolah Central Park East Schools berkeyakinan bahwa anak-anak perlu ditemani oleh orang dewasa supaya mereka bisa lebih kreatif dan produktif dalam masyarakat. Oleh karena itu, sekolah membuat program-program berikut ini untuk melibatkan para orang tua secara aktif di sekolah: Fundraisers ( P e n g g a l a n g a n D a n a ) , P a r e n t s Association (Asosiasi Orang Tua Murid), Committees (Komite-Komite), dan S c h o o l L e a d e r s h i p Te a m ( T i m Kepemimpinan Sekolah). 

Fundraisers. Kebanyakan program yang diadakan di sekolah Central Park East Schools bergantung kepada penggalangan dana atau donasi dari orang tua murid. Oleh karena itu, para orang tua berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh sekolah. S e t i a p t a h u n d i a w a l m u s i m pelajaran, selain membayar uang pendidikan yang tidak seberapa, para orang tua diminta untuk membantu sekolah dengan menjual tiket donasi untuk acara-acara sekolah atau barangb a r a n g l a i n n y a s e s u a i d e n g a n kesepakatan Asosiasi Orang Tua Murid. 

Ada juga beberapa cara unik lainnya untuk menggalang dana. Salah satunya bernama The Funding Factory (Pabrik Dana). Program ini mengumpulkan barang-barang bekas seperti tonercartridge dan cellphone kemudian mendaur ulang produk-produk tersebut. Bantuan lain yang paling sering dilakukan berupa sumbangan makanan pada acaraacara sekolah. 

Parents Association. Secara otomatis, setiap orang tua atau wali murid adalah anggota dari Asosiasi Orang Tua Murid. Biasanya mereka mengadakan pertemuan setiap bulannya. Setiap pertemuan mempunyai topic khusus dan agenda yang jelas. Pertemuan bulanan ini juga memberikan kesempatan kepada para orang tua untuk berinteraksi dengan sesama orang tua sekaligus staff sekolah. A s o s i a s i O r a n g T u a M u r i d mensponsori berbagai macam acaraacara sekolah, termasuk penggalangan dana. Mereka juga membantu Guru Kelas, Asisten Kelas paruh-waktu, membeli barang untuk kelas seni, dan sebagainya. Dengan menjadi anggota aktif dari Asosiasi Orang Tua Murid ini, mereka mempunyai kesempatan untuk melihat secara dekat perkembangan belajar anakanak mereka sambil berinteraksi dengan para guru dan staff sekolah. 

Committees. Ada beberapa komite atau kelompok orang tua yang saling membantu di sekolah. Diantaranya adalah Komite Orang Tua Kelas (Class Parents) yang membantu Asosiasi Orang Tua Murid dan Guru khususnya dalam acara-acara seperti Festival Musim Gugur dan Apresiasi Staff; Komite Grant-Writing yang membantu pendanaan penelitian di sekolah, menulis dan membuat proposal. Mereka juga membina komunikasi dengan lembaga-lembaga donor dan individu penyumbang dana; Komite Tata Bangunan (Physical Space) yang bertugas meningkatkan f a s i l i t a s g e d u n g s e k o l a h d a n membuat rekomendasi-rekomendasi tata ruang yang sesuai; Komite Sains- Te k n o l o g i , M a t e m a t i k a , d a n P e n g e m b a n g a n M a s y a r a k a t . Kelompok ini terdiri dari orang tua dan staff yang mengawasi kurikulum dan penerapannya serta menyediakan b a h a n - b a h a n a j a r u n t u k m e n i n g k a t k a n p e m b e l a j a r a n khususnya dalam bidang-bidang tersebut; dan Komite Komunikasi (Communications) yang menulis, m e n d e s a i n , m e m b u a t d a n mendistribusikan laporan/berita (newsletter) bulanan dan flyer kegiatan. 

School Leadership Team (SLT). T u g a s d a r i S L T i n i a d a l a h m e n g e m b a n g k a n R a n c a n g a n P e n d i d i k a n K o m p e r h e n s i f (Comprehensive Education Plan – CEP) tahunan dan mereview dana y a n g a d a u n t u k m e n d u k u n g rancangan tahunan tersebut. Mereka juga mereview dan mengembangkan rancangan sekolah selama lima tahun ke depan. 

Bibliography: 
Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 f r o m http://www.centralparkeastone.org. 

Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. 

© Akhi (Gombak, 14.07.2014, 9:00 a.m.)
SHARE :
 
Top