* Bakal Menyerap 10.000 Tenaga Kerja 
Lamuri-Banda Aceh. Perusahaan asal Korea Selatan, Utopia In Breder Cop Ltd/Unnet International Co/Ltd, dikabarkan akan berinvestasi di Aceh, dalam bidang Informasi Teknologi (IT) dan Multimedia. Rencana tersebut dikongkretkan dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama (memorandum of understanding atau MoU) antara Pemerintah Aceh dengan perusahaan dimaksud pada Rabu (20/8) malam, di Hotel JW Marriot, Seoul, Korea Selatan. 

Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Murthalamuddin, mengatakan, pertemuan itu dihadiri oleh Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, dan utusan Pemerintah Korea Selatan. Disebutkannya juga bahwa program investasi ini difasilitasi oleh Syukri Ibrahim, mantan Dirut Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA). “Investasi tahap awal untuk kerja sama ini mencapai Rp 2 triliun,” kata Murthala dalam siaran persnya yang diterima Serambi, Kamis (21/8). Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan kesepakatan bersama itu, tim dari Utopia menurut Murthala akan berkunjung ke Aceh dalam waktu dekat ini. “Investasi ini merupakan tindak lanjut dari upaya Pemerintah Aceh dalam mendorong dan menggenjot pertumbuhan ekonomi Aceh, serta mengurangi angka pengangguran. Diperkirakan ada sekitar 10 ribu tenaga kerja yang bakal terserap,” kata Murthalamuddin. Murthalamuddin juga menyampaikan bahwa lokasi pelaksanaan investasi perusahaan Korea Selatan tersebut berada di Kabupaten Aceh Besar. Pemkab nantinya akan mendapatkan bagian saham sebesar 20 persen. “Dibutuhkan area seluas 100 hektare dengan investasi tahap awal mencapai Rp 2 triliun. Semua ditanggung Perusahaan Utopia,” katanya. 

Dalam pertemuan itu, Wagub Muzakir Manaf juga mempresentasikan potensi sektor pariwisata Aceh. Selain memenuhi undangan perusahaan multimedia dan IT korsel, kehadiran Wakil Gubernur Aceh di Seoul sejak tanggal 19 hingga 23 Agustus ini, juga untuk menjajaki prospek investasi dengan berbagai perusahaan asal negeri ginseng tersebut.(avi/Serambi Indonesia)
SHARE :
 
Top