Adv

Adv

ABU AYUB AL HAMMAL suatu saat bersama para sahabatnya melakukan perjalan untuk menunaikan haji. Sampai suatu saat sampailah rombongan Abu Ayub di sebuah rumah kosong. Di tempat itu, seekor burung pipit terbang di sekitar Abu Ayub dan ia pun berkata,”Angkau datang hingga tempat ini?”
Lantas, laki-laki shalih itu pun memecahkan rotinya di telapak tangan hingga burung itu hinggap dan memakan remah roti tersebut lalu Abu Ayub pun menuangkan air  di telapak tangannya dan burung itu minum darinya. Kamudian Abu Ayub setelah itu mengatakan,”Pergilah kamu sekarang”. Dan pipit itupun terbang.

Keesokan harinya peristiwa yang sama terjadi, burung pipit kembali datang, dan Abu Ayub pun melakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Peristiwa itu terus berulang hingga perjalanan berakhir.
Ketika mengetahui sahabatnya heran melihat peristiwa itu, Abu Ayub pun mengatakan,”Apakah engkau tahu kisah burung pipit ini? Sebelumnya burung itu selalu datang ke rumahku setiap hari, dan aku melakukan seperti yang engkau saksikan. Maka ketika kita keluar dia mengikuti hingga aku melakukan apa yang biasa aku lakukan di rumah”. (Hilyah Al Auliya, 10/314-315).*
SHARE :
 
Top