Loading...

Dengan hidup ini kita selalu dalam nikmat yang Allah berikan kepada hamba hambanya. Tapi kita sebagai hamba Nya, tak sanggup menghitung nikmat yang telah Allah berikan pada kita. Kita hanya bisa bersyukur, Allah selalu memberikan kepada hamba-hambanya harta kekayaan dan kita sebagai hamba Nya, mengajak untuk membatu orang lain. Sedekah ialah wujud rasa syukur kita atas segala nikmat yang pernah kita rasakan dalam hidup ini. Kurangnya rasa syukur bisa membuat orang berkecukupan merasa dirinya selalu kekurangan. Sehingga untuk berbagi jadi suatu hal yang sulit dilakukan. 

Allah SWT memberikan nikmat berlimpah kepada manusia bukan semata-mata untuk menaikkan taraf hidup melainkan agar mereka meningkatkan sedekahnya. “Engkau bersedekah dalam kondisi sehat dan berat mengeluarkannya, dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. Maka janganlah kamu tunda, sehingga ruh sampai di tenggorokan, ketika itu kamu mengatakan, “Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian, dan untuk fulan sekian.” Padahal telah menjadi milik si fulan.” (HR. Bukhari dan Muslim) S e l a i n i t u b e r s e d e k a h d a n bersyukur akan membuat seseorang lebih rendah hati. Kurangnya rasa syukur akan membuat orang jadi lebih sombong. Manusia berpikir bahwa harta dan segala yang mereka punya adalah semata-mata karena hasil usaha mereka sendiri. Ini yang memicu manusia menjadi sombong dan lupa bahwa mereka memiliki ,kewajiban memanfaatkan apa yang sudah Allah berikan kepadanya. “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” (QS. Ali Imran: 92) Bahkan ada banyak sekali bukti yang menunjukkan bahwa manusia yang pintar bersedekah dan berbagi rezeki dengan orang lain, tidak bertambah miskin melainkan bertambah kaya dan sukses. Dua kunci penting dalam hidup ini akan membuat siapa saja bahagia. Bersyukur atas semua nikmat yang didapat dan juga membaginya dengan sesama akan membuat hidup jauh lebih indah. Bahkan ada ungkapan yang menyatakan bahwa orang yang mampu bersyukur akan mendapat modal untuk memetik kebahagiaan dalam hidup. 

K e n y a t a a n y a o r a n g y a n g p a l i n g berbahagia di dunia itu bukan karena kaya, tidak pula karena paling adidaya atau berkuasa, melainkan mereka yang mampu lekas bersyukur. Tidak ada dalil Al-Qur'an ataupun Hadist yang bilang dengan sedekah kita akan menjadi miskin, yang terjadi malah kebalikannya, dengan sedekah rejeki kita akan lebih berkah dan menjadi berkali lipat. karena itu sudah janji Allah SWT, Barang siapa mau meminjamkan hartanya di jalan Allah (Sedekah) maka Allah pasti membalasnya hingga 700X lipat. Bahkan nabi pun berpesan "Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah". Akhirnya, kesombongan manusia itu hanya akan menghilangkan pahala, penghinaan yang diucapkan hanya akan merendahkan diri sendiri dan menjadikan perbuatan baik berbuah sia-sia. Karena hidup ini indah maka saatnya kita memulai daur kehiduapan ini dengan kebaikan, mudah bersyukur dan berbagi agar hidup semakin bahagia. [Berbagai Sumber]
SHARE :
 
Top