Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (26)

The Rindge School of Technical Arts (Bagian 8 dari 8)

Aktivitas Tambahan Lainnya

SkillsUSA

Pelajar di The Rindge School of Technical Arts (RSTA) mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi sebagai anggota dari SkillsUSA, sebuah organisasi pengembangan karir dan pendidikan tehnik (Career and Technical Education Leadership Organization). SkillsUSA ini merupakan partner internasional pelajar, guru dan industri lainnya yang bekerjasama untuk melahirkan pelajar sebagai pekerja kelas dunia. Namun pelajar sekolah RSTA harus bersaing ketat untuk menjadi anggota dari SkillsUSA ini. Mereka akan diseleksi mulai dari tingkat lokal, daerah sampai nasional dengan pelajar dari seluruh sekolah lainnya. 

Pengalaman dari kompetisi SkillsUSA membuatpelajar memperoleh kesempatan untuk belajar keahlian kepemimpinan, kerjasama, kewarganegaraan, dan pengembangan karakter. Keahlian tersebut akan membentuk pelajar yang penuh percaya diri, bekerja produktif dan berkomunikasi efektif. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah pelajar yang lulus seleksi akan mendapatkan beasiswa untuk mengembangkan 
bakat dan minat mereka. 

FIRST Robotics
FIRST adalah singkatan dari For Inspiration and Recognition of Science and Technology, yaitu semacam inspirasi dan penghargaan dalam bidang sains dan teknologi. FIRST Robotics ini adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1989 oleh seorang pebisnis bernama Dean Kamen. Tujuannya adalah untuk menginspirasi dan menjaring bakat anak muda khususnya dalam bidang sains dan teknologi. 

Sesuai dengan namanya, FIRST Robotics adalah sebuah kompetisi membuat robot dengan menggunakan bahan-bahan standar yang disebut 'kit of parts'. Tantangan ini harus diselesaikan oleh tim pelajar dalam masa enam minggu dengan berpedoman kepada aturan-aturan yang telah ditentukan oleh panitia.

Pemenang dari kompetisi FIRST Robotics ini dipilih berdasarkan kriteria  berikut: desain yang bagus, kerjasama tim, profesionalisme dan kedewasaan, serta kemampuan untuk memecahkan masalah. Mendapatkan nilai yang tinggi dalam kompetisi ini tidak menjadi patokan. Untuk menjadi pemenang adalah bagaimana membangun kerjasama yang bagus dan akan bertahan di masa yang akan datang. 

Pelajar sekolah RSTA yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini biasanya akan menghabiskan waktu mereka setelah jam sekolah dan akhir pekan. Mereka dibimbing langsung oleh sebuah tim dari MIT (Massachusetts Institute of Te c h n o l o g y ) y a n g a k a n mempersiapkan pelajar untuk kompetisi tingkat wilayah. Pada tahun 2008, tim sekolah RSTA mendapatkan juara kedua di kompetisi tersebut.  

Bibliography: Rindge School of Technical Arts. Retrieved August 24, 2014 from http://rsta.cpsd.us.  

© Akhi (Gombak: 19.04.2015, 4.30 p.m.)

SHARE :
 
Top